BeritaPesisir Selatan

Tapak Pondasi Tebing Sungai Jembatan Gantung Lubuk Begalung Bayang Perlu Dibendung

739
Jembatan Gantung Di Kampung Lubuk Begalung, Kenagarian Aur Begalung, Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat
di Kampung Lubuk Begalung, Kenagarian Aur Begalung, Kecamatan Bayang, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat

Sesuai kunjungan awak media ini, kondisi tapak pondasi jembatan gantung Kampung Lubuk Begalung yang sangat dekat dari bibir sungai ini.

Pemerintah daerah setempat teramat perlu menyelamatkan satu buah jembatan ini serta perlunya pula menyelamatkan rumah penduduk yang masih ada sekira 5 buah rumah penduduk di seberang sungai di Kampung Lubuk Begalung.

Tebing sungai yang rentan runtuh setiap kali banjir pemerintah teramat perlu membendung timbal-balik sekira 1.200 meter dengan masing-masingnya di seberang sungai sekitar 600 meter dari timbal-balik kedua tebing sungai ini.

Diamati, kerentanan dari banjir yang terjadi sebelumnya, selain ini banjir juga telah memporakporandakan beragam lahan pertanian. Diharapkan pemerintah dapat melakukan pembangunannya.

Sebabnya, jembatan gantung ini merupakan akses penduduk petani pulang-pergi, bahkan ribuan jiwa petani membutuhkan jembatan ini untuk membawa hasil produksi pertaniannya seperti padi dan sayuran.

Diyakini, penduduk yang mengolah sawah dan ladang di seberang sungai Kampung Lubuk Begalung, nyaris telah semua penduduk yang tersebar di Kecamatan Bayang.

Sejak jembatan gantung ada, kemajuan para petani meningkat pesat untuk mengolah sawah dan ladang, karena petani tak perlu lagi berenang menyeberang sungai.

(obral)

Exit mobile version