BeritaPadang PanjangSumatera Barat

Fiqih dan Keysa Jadi Duta GenRe Kota Padang Panjang 2024

182
×

Fiqih dan Keysa Jadi Duta GenRe Kota Padang Panjang 2024

Sebarkan artikel ini
Penobatan Duta Generasi Berencana (Genre) Kota Padang Panjang 2024
Penobatan Duta Generasi Berencana (GenRe) Kota Padang Panjang 2024. (f/pemko)

Mjnews.id – Rahmat Alfiqih Candra dan Kesya Ayunda Riva dinobatkan Duta GenRe (Generasi Berencana) 2024 dalam Pemilihan Duta GenRe Kota Padang Panjang 2024.

Akrab dipanggil Fiqih dan Keysa, keduanya dinobatkan menjadi Duta Generasi Berencana (GenRe) 2024, di Auditorium Mifan Waterpark, Kamis 22 Februari 2024 malam lalu.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Mereka akan menjadi perwakilan kota ini untuk tingkat Provinsi Sumatera Barat di ajang yang sama.

Fiqih menjadi peserta pemilihan sebagai perwakilan dari Pusat Informasi dan Konseling Mahasiswa (PIK-M) Nabila Akademi Keperawatan (Akper) Nabila Padang Panjang.

Sebelumnya pria 19 tahun ini sudah berpengalaman sebagai konselor sebaya di kampusnya. Ia mampu memotivasi teman-temannya dan memberi solusi, karena pada dasarnya remaja lebih terbuka ke sesama remaja ketimbang yang lebih tua.

Selain itu semasa SMA, Fiqih pernah menjabat sebagai wakil ketua OSIS. Di perguruan tinggi ia menjabat juga sebagai wakil ketua Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM). Pernah menjuarai olimpiade-olimpiade sains tingkat nasional dan mendapatkan medali.

Dalam mempersiapkan diri mengikuti Pemilihan Duta GenRe, Fiqih tidak hanya siap dalam pembekalan akademis, tapi juga mempersiapkan diri dari segi confident person (percaya diri).

“Tidak cukup hanya berbekal materi, harus mampu menyampaikan dan menegaskannya. Sehingga sesuatu yang kita sampaikan bisa dipahami dan dicerna dengan baik oleh orang yang dituju.

Selain itu, dengan optimis kita bisa menciptakan keajaiban. Pengalaman saya, dengan optimis kita bisa memberi sugesti kemampuan kita, dari yang tidak bisa menjadi bisa,” ceritanya, Sabtu 24 Februari 2024.

Dukungan didapatkan Fiqih dari dosen, teman-teman, juga dari kakak alumni genre dari kampus yang sama. Bahkan kakak alumni tersebut berkomitmen untuk membimbing dirinya menjadi yang terbaik.

Sementara itu Kesya yang masih berumur 16 tahun menjadi perwakilan dari PIK-R Khairul Fathihin SMA N 1 Padang Panjang.

Ia mengaku mendapatkan dukungan dari orang-orang terdekatnya, seperti orang tua, keluarga besar, sahabat dan senior di sekolahnya.

“Orang tua saya selalu memberi support dan memfasilitasi kebutuhan saya untuk mengikuti GenRe. Sahabat saya yang selalu memberi semangat untuk saya dan kakak-kakak senior yang memberikan materi, mendukung dan mengiringi langkah saya sampai di titik ini,” jelasnya.

Setelah menjadi pemenang ini, Fiqih dan Kesya akan berkontribusi dengan aktif di GenRe. Mereka berjanji selalu mengusahakan yang terbaik untuk melaksanakan program-program GenRe agar meningkatnya kualitas masyarakat.

“Menjadikan Padang Panjang menjadi Kota KB (keluarga berencana-red), menekan angka stunting, menyosialisasikan pengetahuan ke masyarakat luas,” kata mereka terkait targetnya.

Mereka juga berharap, dengan menjadi Duta GenRe mampu menginspirasi dan memotivasi remaja di Padang panjang untuk menjadi remaja yang benar benar mempersiapkan diri untuk bonus demografi dan Indonesia Emas 2045.

(*)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT