BeritaGaya Hidup

Survei Herbalife, 87 Persen Manusia Berupaya Mencapai Pemberdayaan Ekonomi

124
Herbalife Asia Pacific Economic Empowerment Survey
Herbalife Asia Pacific Economic Empowerment Survey. (f/ist)

Menurut temuan survei tersebut, pemberdayaan ekonomi bervariasi berdasarkan negara. Setidaknya, satu dari dua responden di Vietnam (51 persen) merasa lebih mudah mencapai pemberdayaan ekonomi dibandingkan negara-negara lain.

Di Malaysia, Taiwan, Indonesia, dan Filipina, persentasenya masing-masing mencapai 48 persen, 48 persen, 41 persen, dan 36 persen.

Sejumlah faktor yang menghambat responden untuk mencapai pemberdayaan ekonomi:

  • Saya tidak memiliki sumber daya untuk menyumbangkan ide atau pemikiran — 40%
  • Saya tidak menguasai keahlian yang tepat untuk berkembang dalam pekerjaan/memperoleh karier yang saya inginkan — 34%
  • Keterbatasan akses kredit, uang, atau jasa finansial lain — 31%
  • Keterbatasan kesempatan mendapatkan pendidikan/pendidikan lanjutan — 25%
  • Saya dibesarkan dalam keluarga pendapatan rendah — 23%

Sejumlah langkah yang ditempuh responden demi mencapai pemberdayaan ekonomi:

  • Mempelajari cara mengelola keuangan pribadi, menyusun anggaran, berinvestasi secara mandiri — 67%
  • Menyusun target keuangan dengan jelas, termasuk menghemat uang secara berkala dan/atau melunasi utang — 61%
  • Berinvestasi dalam pendidikan dan pengembangan keahlian yang sejalan dengan target saya — 46%
  • Merintis usaha sendiri/memulai “pekerjaan sampingan” untuk mendiversifikasikan sumber penghasilan — 43%
  • Menjaga kesehatan fisik dan mental — 39%

Survei ini juga mengungkapkan perbedaan perspektif Generasi Z dan Milenial tentang pemberdayaan ekonomi dibandingkan kelompok usia lain:

Generasi Z dan Milenial (masing-masing mencapai 79% dan 84%) lebih menyadari kebutuhan seputar pemberdayaan ekonomi dalam lima tahun terakhir, dan mayoritas responden di kalangan tersebut (masing-masing mencapai 86% dan 89%) berupaya memperbaiki kondisinya
Generasi Z dan Milenial lebih menganggap bahwa melakukan pekerjaan sampingan atau merintis usaha sendiri sebagai satu-satunya cara mencapai pemberdayaan ekonomi

Dua alasan terbesar yang mempersulit Generasi Z dan Milenial mencapai pemberdayaan ekonomi adalah posisi sosial dan tingkat pendidikan

Metodologi survei pemberdayaan ekonomi:

Survei acak dengan metode double-opt-in ini melibatkan responden dari khalayak umum di Indonesia, Malaysia, Filipina, Taiwan, dan Vietnam—survei diadakan Herbalife pada 28 September-2 Oktober 2023.

Survei ini dilaksanakan perusahaan riset pasar OnePoll. Anggota tim OnePoll merupakan bagian dari Market Research Society. OnePoll juga merupakan anggota American Association for Public Opinion Research (AAPOR) dan European Society for Opinion and Marketing Research (ESOMAR).

(*)

Exit mobile version