BeritaKota SawahluntoKPU

KPU Sawahlunto Sosialisasikan Tahapan PSU Anggota DPD Sumbar

164
×

KPU Sawahlunto Sosialisasikan Tahapan PSU Anggota DPD Sumbar

Sebarkan artikel ini
KPU Sawahlunto Sosialisasikan Tahapan PSU Anggota DPD Sumbar
KPU Sawahlunto Sosialisasikan Tahapan PSU Anggota DPD Sumbar. (f/humas)

Mjnews.id – Terkait Pemungutan Suara Ulang (PSU) untuk DPD RI Provinsi Sumatera Barat yang akan dilaksanakan pada 13 Juli 2024 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sawahlunto menggelar Kegiatan Sosialisasi Tahapan Pemungutan Suara Ulang anggota DPD Provinsi Sumatra Barat tahun 2024.

Ketua Pelaksana Harian (Plh) KPU Kota Sawahlunto, Rika Arnelia menyampaikan, Pemungutan Suara Ulang ini tindak lanjut dari Putusan MK nomor Nomor 03-03/PHPU.DPD-XXII 2024, di mana KPU telah mengeluarkan keputusan nomor 76 tahun 2024 tentang Pelaksanaan tahapan dan jadwal pemungutan suara Ulang hasil Putusan MK.

Disebutkan juga, KPU Sawahlunto dalam menghadapi pelaksanaan PSU tersebut juga telah melakukan berbagai Persiapan.

“Terkait sosialisasi ini kami telah sampaikan kepada Pemerintah, masyarakat melalui media Sosial maupun radio. Untuk persiapan logistik pada PSU dan juga surat suara nanti, Pendistribusian logistik didistribusikan melalui KPPS pada H-1 yaitu Jumat 12 Juli 2024. Logistik akan dibawa dari kantor KPU Sawahlunto ke masing-masing 4 kecamatan dengan menggunakan 4 armada dan juga didampingi minibus,” paparnya.

Rika juga menjelaskan, pada tahapan PSU, tidak ada tahapan pemutakhiran pemilih. Yang berhak memilih adalah yang ada dalam DPT, DPTK, DPTB seperti pada Pemilu 14 Februari 2024 lalu.

“Dalam tahapan PSU ini yang tidak ada adalah tahapan kampanye, yang ada tahapan sosialisasi. Pelaksanaan teknis sama dengan pelaksanaan teknis dengan pemilu sebelumnya. Jumlah TPS 208 dan ada 3 TPS khusus yakni 2 TPS di Lapas Narkotika Kolok Kandi dan 1 TPS di Rutan Sawahlunto. Ada 9 lokasi TPS yang berubah dari pemilu sebelumnya. Karena pengaruh cuaca, maka TPS yang outdor dirubah menjadi indoor,” imbuhnya lagi.

Sementara Komisioner KPU, Roni Yandri sebagai Divisi Sosialisasi, terdapat ada 16 calon DPD dalam pemilihan umum tahun 2024 dan nomor urut sesuai abjad. Untuk PSU maka diberdayakan KPPS Pemilu sebelumnya yakni sebanyak 1.400 orang. Ada perekrutan Gastik dari satpol PP untuk Desa/Kelurahan. Mulai tanggal 2 Juli sampai 2 Agustus selama 1 bulan untuk tenaga KPPS dan Tenaga Gastik.

KPPS juga memberikan pemberitahuan bukti C dan E-KTP yang akan dibawa ke TPS.

“Sudah dipajang gambar 16 foto para calon DPD Provinsi Sumatera Barat tersebut di desa dan kelurahan. Selain itu juga sudah dilakukan sosialisasi melalui medsos, ada juga lomba untuk warga yang siap melaksanakan PSU dengan story selfie di TPS pasca PSU. Sosialisasi lainnya telah mulai disebar brosur-brosur kepada masyarakat tentang 16 DPD yang akan dipilih. Selanjutnya sosialisasi ke kegiatan masyarakat seperti Posyandu.

Roni Yandri juga meminta kepada tokoh masyarakat untuk gencar mensosialisasikan PSU ini, dan nantinya kita juga akan meminta kerja sama tokoh agama untuk menyampaikan sosialisasi ini melalui toa-toa masjid, partisipasi pemilih pada PSU ini lebih tinggi setidaknya sama dengan Pemilu pada Februari 2024 kemarin yang sebelumnya 83,50 persen.

Maka bagi pemilih, ikutilah pemilihan ini agar ada 3 anggota DPD dari Provinsi Sumatera Barat yang duduk di Pusat, sehingga bisa menyampaikan aspirasi dari masyarakat Sumatera Barat.

Kegiatan ini diikuti Tokoh Masyarakat, tokoh agama, dan juga insan pers Sawahlunto.

(Uni)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600