EkonomiPesisir Selatan

KWT Al Hidayah Kampung Luar Parit Kembangkan Usaha Keripik Bayam

111
KWT Al Hidayah Kampung Luar Parit Kembangkan Usaha Keripik Bayam.

Pesisir Selatan, MJNews.ID – Kelompok Wanita Tani (KWT) Al Hidayah Kampung Luar Parit, Nagari Rantau Simalenang Air Haji, Kecamatan Linggo Sari Baganti kini mengembangkan usaha produktif berupa keripik bayam. Tanaman bayam yang diolah menjadi makanan itu memanfaatkan hasil dari tanaman bayam milik KWT Al Hidayah sendiri.
Usaha ekonomi yang dikembangkan oleh KWT Al Hidayah itu diapresiasi Camat Linggo Sari Baganti, Ahmad Hidayat. Ia mengatakan, KWT Al Hidayah merupakan salah satu KWT yang eksis di Kecamatan Linggo Sari Baganti.
“KWT Al Hidayah sangat antusias mememanfaatkan lahan pertanian yang ditanami berbagai komoditi tanaman pangan seperti jenis sayur sayuran antara lain bayam, terong, cabe, kangkung, tomat dan lainnya,” ungkap Ahmad Hidayat, Rabu 18 Agustus 2021.
Dikatakan, komoditi tanaman pangan itu juga dapat dikonsumsi oleh keluarga anggota KWT tersebut. Kemudian di tengah Pandemi Covid 19 ini, usaha KWT itu juga dapat menjadi sumber pendapatan ekonomi.
“Ya, KWT Al Hidayah Kampung Luar Parit, Nagari Rantau Simalenang terbilang sangat kreatif dan inovatif dalam mengembangkan usaha ekonomi. Salah satu usaha yang dikembangkan saat ini adalah keripik bayam yang dikenal enak dan gurih, tentunya juga bergizi,” ucapnya.
Ia berharap agar walinagari yang ada di Kecamatan Linggo Sari Baganti melakukan memberdayakan KWT yang ada dalam pemanfaatan lahan untuk ditanami berbagai jenis komoditi tanaman pangan.
“Kita juga mendorong KWT yang ada agar dapat mengembangkan usaha dengan mengelola lahan yang tersedia untuk berbagai komoditi yang memiliki nilai ekonomi dan bisa dikonsumsi keluarga,” katanya.
(myd)
Exit mobile version