InternasionalKemensos

Pengembangan Kapasitas SDM Kemensos di Korea Selatan Berakhir

346
Pengembangan Kapasitas Sdm Kemensos Di Korea Selatan
Pengembangan Kapasitas SDM Kemensos di Korea Selatan. (f/humas)

Mjnews.id – Sebanyak tujuh petugas Kementerian Sosial Republik Indonesia atau Kemensos RI mendapatkan kesempatan menimba pengalaman layanan sosial di Korea Selatan. Di negeri ginseng ini, telah dibangun sistem dan fasilitas pendukung pengembangan kapasitas SDM pekerja sosial.

Dalam kunjungan observasi Kemensos ke kantor Korean Association of Social Worker atau Lembaga Asosiasi Pekerja Sosial, delegasi Indonesia mendapat penjelasan bagaimana sistem pengembangan kapasitas SDM pekerja sosial. Di Korea, terdapat sebanyak 1,4 juta pekerja sosial yang terakreditasi.

“Setiap tahun sekitar 80 ribu orang mengikuti tes uji kompetensi. Eksistensi Pekerja Sosial di Korea cukup baik dan dikenal masyarakat. Pekerja sosial betul-betul diperlukan untuk membantu menangani permasalahan sosial,” kata Ketua Lembaga Asosiasi Pekerja Sosial Shin Young Joo dalam keterangannya, Jumat 2 Juni 2023.

Kunjungan ini merupakan rangkaian dari program pengembangan kapasitas pekerja sosial asal Indonesia di Korea Selatan, atas undangan Korea International Cooperation Agency (KOICA), dengan tema “Enhanching Social Rehabilitation Support for the Vulnerable Youth in Indonesia”. Program ini difasilitatori oleh beberapa lembaga pelatihan internasional Korea, seperti World Vision Korea, Korea Institute for Development Strategy (KDS), dan Rebach International.

Program ini diikuti tujuh petugas Kementerian Sosial dan delapan petugas Dinas Sosial DKI Jakarta. Agenda observasi merupakan sesi akhir dari kunjungan di Korea. Para petugas asal Indonesia akan menyusun action paper (kerangka kerja) yang akan diimplementasikan di tanah air.

Pada hari keempat (25/04), selain bertemu dengan jajaran Lembaga Asosiasi Pekerja Sosial, delegasi Indonesia juga melakukan observasi ke Gyeonggido Job Foundation — semacam lembaga pelatihan kerja. Lembaga semacam ini, tersebar di seluruh provinsi di Korea Selatan.

Fungsi dari lembaga ini adalah untuk memperluas kesempatan para pemuda mengikuti pelatihan pengembangan diri. Kepala Gyeonggido Job Foundation Bagian Selatan I Cin Hye menyatakan, lembaga ini memiliki banyak fasilitas, selain ruang keterampilan, juga pameran small business sebagai ruang untuk berkreatifitas dan mengembangkan diri.

“Kami juga memiliki sebuah ruangan khusus untuk proses marketing menggunakan pendekatan digital, para pemuda bisa menggunakan ruangan tersebut untuk membuat konten pemasaran produk mereka yang dilengkapi dengan alat-alat yang memadai,” kata I Cin Hye.

Lembaga ini juga telah mengirim para pemuda ke beberapa negara seperti Amerika, Australia, Cina, dan lainnya untuk mengikuti pelatihan perguruan tinggi yang memiliki pelatihan terkait. Setelahnya akan dilakukan mentorship dan dukungan pencarian kerja seperti pemberian bantuan persiapan wawancara kerja, misalnya untuk membantu para pencari kerja membeli pakaian yang diperlukan, untuk biaya transportasi, atau untuk membuka usaha sendiri.

Exit mobile version