Kemensos

Kemensos Bakal Kerjasama dengan Kitabisa Bantu Korban Bencana Kekeringan di Papua

217
Mensos Tri Rismaharini
Mensos Tri Rismaharini. (f/humas)

MJNEWS.ID – Kementerian Sosial Republik Indonesia atau Kemensos RI dalam membantu masyarakat yang kini menjadi korban akibat bencana kekeringan hingga kelaparan di Distrik Agandugume, Papua Tengah akan bekerjasama dengan kitabisa.

Hal ini disampaikan oleh Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini kepada awak media saat konferensi pers di Gedung Kementerian Sosial, Jakarta, pada Kamis 3 Agustus 2023.

“Makanya nanti kita akan kerjasama, ini tapi masalahnya kan butuh waktu kan tidak bisa secepatnya,” ujar Mensos Tri Rismaharini.

Ia menuturkan bahwa hal tersebut sudah melaporkan ke Presiden Joko widodo, bahkan dari pihak Kementerian Sosial juga sudah menyuratinya pada November tahun 2022 lalu.

“Makanya kemarin saya lapor ke pak presiden dan ini sebenernya saya sudah nyurati bulan November tahun lalu,” Karena anggaran kita emang terpotong hampir 50 persen untuk bencana,” pungkas Mensos Tri Rismaharini.

Melansir dalam laman menpan.go.id kepada media pada 31 Juli 2023, Presiden Jokowi usai meresmikan Sodetan sungai Ciliwung Jakarta, memerintah jajaran Kabinet Indonesia Maju untuk secepatnya dalam menangani korban bencana kekeringan dan kelaparan di Papua.

“Saya sudah perintahkan kepada Menko PMK (Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan), Menteri Sosial, BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana), dan juga di daerah di Papua untuk segera menangani secepat-cepatnya,” kata Presiden Jokowi.

Menurut Kepala Negara, menyoal kekeringan hingga kelaparan di Papua tengah itu, dipicu karena beberapa faktor seperti cuaca yang sangat ekstrem, sehingga tanaman dan tumbuhan tak bisa bertumbuh dan masyarakat kesulitan untuk mendapatkan bahan makanan.

“Tapi problemnya supaya tahu, itu adalah daerah spesifik yang kalau di musim salju itu yang namanya tanaman tidak ada yang tumbuh. Di ketinggian yang sangat tinggi distrik itu,” ujar Presiden Joko Widodo.

(rel)

Exit mobile version