Jawa TengahKesehatanPolri

Polres Purworejo Bersama Dinas Peternakan Cek Kandang Ternak Warga

78
Polres Purworejo Bersama Dinas Peternakan Cek Kandang Ternak Warga. (f/humas)

Purworejo, MJNews.id – Guna mengantisipasi dan pencegahan dini terhadap Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak, Polres Purworejo bersama Dinas Peternakan melakukan kegiatan pengecekan dan pengawasan hewan di pasar hewan dan kandang peternak yang ada di 16 kecamatan se Kabupaten Purworejo, Rabu 06 Juli 2022.
Pengecekan dan pengawasan hewan di pasar hewan berkaitan dengan penyakit yang marak menyerang hewan ternak saat ini,yaitu penyakit mulut dan kuku (PMK).
Petugas juga menghimbau dan memberikan arahan terhadap peternak,agar dalam melakukan perawatan hewan ternak yang dipelihara dengan memberikan vitamin dan makanan Bergizi,dan apabila hewan ternaknya ada gejala PMK segera menghubungi petugas atau dokter hewan terdekat.
Kebersihan kandang harus dijaga dan disemprot desinfektan agar kuman atau virus yang ada mati dan tidak menjual ternak yang sakit ke pasar hewan.
Dan mengisolasi ternak yang terkonfirnasi di tempat terpisah, mengecekan secara rutin ke mantri hewan atau dokter hewan.
Dari hasil pantauan petugas tidak di temukan hewan yang tersuspect, Petugas kepolisian membantu dinas peternakan melakukan vaksin kepada hewan ternak sapi sebanyak 400 ekor dan kambing 300 ekor.
Kapolres Purwprejo melalui Kasi Humas Polres Purworejo, AKP Yuli Munasoni, SH mengatakan pengecekan hewan ternak ini bertujuan untuk mengetahui dan mendata apakah ada atau tidak hewan ternak yang terpapar penyakit Mulut dan Kuku sekaligus mencegah penyebaran virus PMT.
(fix)
Exit mobile version