Lowongan KerjaParlemen

Pendaftaran CASN Segera Dibuka, Guspardi Gaus Peminat Segera Persiapkan Diri

364
Anggota Komisi Ii Dpr Ri, Guspardi Gaus
Anggota Komisi II DPR RI, Guspardi Gaus. (f/ist)

Mjnews.id – Pemerintah secara resmi telah mengumumkan penerimaan Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) baik untuk Pegawai Negeri Sipil (CPNS) maupun Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang akan mulai dibuka pada 17 September 2023

Menanggapi hal tersebut, anggota Komisi II DPR RI dari Fraksi PAN Guspardi Gaus, mengimbau kepada seluruh calon pelamar yang berminat menjadi Pegawai Negeri Sipil agar segera memersiapkan diri sekaligus melengkapi semua persyaratan untuk test CPNS yang akan dibuka mulai 17 September 2023.

Perlu diingat bahwa formasi yang disediakan oleh pemerintah yaitu Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) untuk pemerintah pusat dan pemerintah daerah diseluruh Indonesia, kata Guspardi, Kamis (14/9/2023).

“Jadi, bagi calon pelamar yang berkeinginan untuk bergabung menjadi CPNS maupun PPPK harus mengetahui semua informasi terkait persyaratan dan formasi jabatan yang akan dilamar. Apakah jabatan tersebut dibuka untuk menjadi CPNS atau PPPK,” ujar politisi PAN ini.

Legislator dapil Sumatera Barat 2 itupun mengingatkan segala persyaratan lainnya untuk melakukan pendaftaran CPNS dan PPPK mesti diperhatikan dengan cermat dan menyeluruh. Termasuk tentang batasan usia pelamar, kualifikasi pendidikan, jabatan yang dilamar dan lain sebagainya.

“Apalagi, setiap instansi yang membutuhkan CPNS dan PPPK punya persyaratan khusus masing-masing secara spesifik. Jangan sampai salah, sehingga megakibatkan calon pelamar akan mengalami kendala, bahkan tidak bisa melamar nantinya,” ulas Pak Gaus ini.

Oleh karena itu, diharapkan kepada calon pelamar agar segera menyiapkan semua persyaratan umum) dan dokumen lainnya yang dibutuhkan sesuai dengan jenis seleksi yang akan diikuti (apakah CPNS atau PPPK), serta persyaratan khusus lainnya sesuai dengan instansi yang dilamar.

“Mengenai jadwal, dokumen yang diperlukan dan persayaratan teknis lainnya, kepada para calon pelamar tentunya harus aktif mencari informasi melalui website resmi terkait dengan seleksi CPNS. Karena semua persayaratan dan ketentuan diinformasikan secara terbuka diwebsite yang sudah disediakan pemerintah,” pungkas anggota baleg DPR RI tersebut.

Sebelumnya diberitakan, pendaftaran seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) atau sering disebut CPNS akan dibuka sebentar lagi. Berdasarkan Surat Kepala BKN No. 8229/B-KS.04.01/SD/K/2023 perihal Jadwal Pelaksanaan Seleksi CASN tahun 2023, pengumuman seleksi dilakukan oleh setiap instansi pemerintah pada 16-30 September 2023. Sementara untuk pendaftarannya, dimulai sejak 17 September hingga 6 Oktober 2023.

(***)

Exit mobile version