PendidikanPesisir Selatan

Pemkab Pessel Fokus Tingkatkan IPM Lima Tahun ke Depan

92
Yozki Wandri.

Pesisir Selatan, MJNews.ID – Lima tahun ke depan, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan fokus pada peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).
“Indikator pembentuknya adalah pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan. Ini sejalan dengan visi-misi bupati-wakil bupati,” sebut Kepala Bappedalitbang Kabupaten Pesisir Selatan, Yozki Wandri, Sabtu 7 Agustus 2021 di Painan.
Dijelaskan, untuk sektor pendidikan, pemerintah daerah akan memacu angka rata-rata lama sekolah dan harapan lama sekolah. Peningkatan sarana serta prasarana pendidikan. Meningkatkan kualitas sumber daya tenaga pendidik.
Disebutkan, saat ini, indeks angka harapan lama sekolah di Pesisir Selatan berada di angka 13.32. hingga 2026. Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan menargetkan indeks harapan lama sekolah mencapai 14.32. Dengan demikian, posisi Pesisir Selatan berada pada 5 besar dari 19 kabupaten/kota di Sumatera Barat.
Lanjutnya, pada sektor kesehatan, pemerintah daerah fokus pada penyiapan sarana dan prasarana kesehatan. Pemberdayaan tenaga kesehatan di tingkat Puskesmas. Sebab, Puskesmas merupakan basis dasar pelayanan kesehatan masyarakat.
Kemudian menambah jumlah tenaga medis, khususnya dokter spesialis di kecamatan. “Karena Puskesmas itu bersentuhan langsung dengan warga. Mereka yang paling tau kondisi kesehatan masyarakat,” terangnya.
Sedangkan untuk peningkatan taraf kesejahteraan masyarakat, pemerintah daerah fokus pada pengembangan potensi lokal. 
“Penyumbang tertinggi dalam pertumbuhan ekonomi Pesisir Selatan adalah sektor primer seperti pertanian, perikanan, peternakan dan perkebunan,” ungkapnya.
(myd)
Exit mobile version