Polri

Polda Papua Gelar Syukuran Hari Bhayangkara ke-76

923
Polda Papua Gelar Syukuran Hari Bhayangkara ke-76. (f/humas)

Jayapura, Mjnews.id – Polda Papua laksanakan syukuran Hari Bhayangkara Ke-76 Tahun 2022 yang dihadiri oleh Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri bersama PJU Polda Papua dan Forkopimda Provinsi Papua serta tokoh agama, adat, masyarakat, dan tokoh pemuda, Selasa (5/7/2022).
Adapun yang hadir dalam kegiatan, Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri di dampingi Wakapolda Papua, Brigjen Pol Dr. Eko Rudi Sudarto, S.I.K., M.Si., Irdam XVII/ Cenderawasih, Brigjen TNI Agus Supriyo Winarno, S.Sos, Danlantamal X Jayapura, Brigjen TNI (Mar) Feryanto Pardamean Marpaung, Danlanud Silas Papare, Marsma TNI Dr. Budi Achmadi, M.Sc, Kabag Ops Binda Papua, Kolonel Inf. Rahmad Pudji Susetyo, Staf Ahli Gubernur Papua Bidang Pemerintahan Hukum Dan Politik, Tri Warno Purnomo S.STP., M.Si, Ketua Bhayangkari Daerah Papua, Ny. Eva Mathius D. Fakhiri, Para PJU Polda Papua, Para Pengurus Bhayangkari Daerah Papua, Purnawirawan dan warakawuri, dan Para Pemenang Lomba-lomba Dalam Rangka Hari Bhayangkara Ke-76 Polda Papua. 
Pada kesempatannya Wakapolda Papua Brigjen Pol. Dr. Eko Rudi Sudarto, S.I.K., M.Si selaku ketua panitia hari Bhayangkara ke 76 Polda Papua, menyampaikan dalam rangka syukuran hari Bhayangkara ke-76 tahun 2022, dengan tema “Polri yang Presisi mendukung Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural untuk menjadikan Indonesia Tangguh – Indonesia Tumbuh”.
Pelaksanaan hari Bhayangkara ke-76 tahun 2022, bahwa kegiatan yang telah diselenggarakan oleh Polda Papua dan jajaran yaitu pertama lomba menulis surat untuk kapolri dan kategori SMA, Papua Juara 1 yaitu siswa dari SMA katolik yan Smit Agats Kabupaten asmat atas nama karel dadimu dan kategori SMP Papua juara 3 dari smp hikmah Yapis Jayapura atas nama al’fiyatul hana azizah azka az’zahra.
Kedua lomba vokal group rohani kristen polda papua yang dimenangkan oleh vocal group sat brimob polda papua-2.
Ketiga giat bakti kesehatan terdiri dari donor darah 1.145 kantong, vaksinasi sebanyak 7.329 dosis terdiri dari vaksin i 2.204 dosis, vansin ii 2.011 dosis, dan booster 3.114 dosis pengobatan masal 1.054 orang, khitanan masal 302 orang dan operasi bibir sumbing 6 orang.
Keempat pelaksanaan baksos dan bansos yang mana pelaksanaan baksos dilaksanakan ditempat ibadah dengan memberikan bantuan di tempat-tempat ibadah. dan bansos diberikan kepada yatim piatu, fakir miskin, kaum duafa, buruh, karyawan korban phk, panti jompo, panti asuhan, panti sosial, kalangan supir, pangkalan ojek, penyandang disabilitas, purnawirawan dan warakawuri.
Kelima pelaksanaan fun bike / sepeda santai dengan jumlah total 33.170 orang.
Keenam pelaksanaan olahraga dan lomba kreatif terdiri dari, lomba dayung, lomba mob, lomba yospan, lomba merajut noken, pertandingan bulu tangkis, dan golf. Serta yang ketujuh pelaksanaan jalan santai tni polri dan masyarakat. 
“Kegiatan pemuliaan nilai-nilai tribrata, kegiatan ziarah dan tabur bunga, pelaksanaan do’a bersama dan pelaksanaan upacara hari bhayangkara ke-76 yang barusan kita laksanakan, demikian laporan singkat yang dapat kami laporkan kepada jenderal dan tamu undangan sekalian, saya selaku ketua panitia hari Bhayangkara ke-76 tahun 2022, mengucapkan terimakasih kepada seluruh panitia yang telah bekerja keras dalam pelaksanaan seluruh kegiatan sehingga dapat berjalan dengan aman, lancar dan sukses,” Ucap Wakapolda Papua.
Lanjut Kapolda Papua dalam kesempatanya menyampaikan pada kesempatan yang baik ini, atas nama pribadi dan selaku pimpinan dilingkungan polda papua mengucapkan selamat hari Bhayangkara ke–76 kepada seluruh personel dan keluarga besar polda papua.
Diiringi dengan ucapan terima kasih atas segenap kerja keras, dedikasi dan loyalitas dalam meningkatkan kinerja serta pelayanan dalam rangka mewujudkan organisasi polri yang unggul dan dipercaya masyarakat serta dapat bermanfaat bagi kejayaan bangsa dan negara dan bernilai ibadah dihadapan tuhan yang maha esa.
“Kita menyadari, bahwa seluruh capaian dan keberhasilan yang telah diraih dalam setiap pelaksanaan tugas, tidak terlepas dari dukungan dan peran serta segenap stakeholders dan masyarakat,” Ujar Kapolda Papua.
Polri yang Presisi mendukung pemulihan ekonomi dan reformasi struktural untuk mewujudkan indonesia tangguh-Indonesia tumbuh”, tema ini merupakan representasi dari tekad dan semangat polri dalam menindaklanjuti program dan kebijakan yang telah dicanangkan oleh pemerintah melalui upaya pembenahan dan perubahan yang dilakukan secara substansial dan strategis.
Hal tersebut menjadi penting untuk dilaksanakan sebagai upaya untuk meningkatkan kinerja serta pelayanan prima kepolisian kepada masyarakat dalam mewujudkan transformasi polri yang presisi (prediktif, responsibiltas, dan transparansi berkeadilan).
Dalam implementasinya, pelaksanaan harus dimulai dari kesadaran tiap pribadi personil polri untuk kembali mengaplikasikan nilai-nilai dasar kehidupan seperti menjadi teladan di tengah mastarakat, budaya disiplin, dan menerapkan kaidah positif lainnya. namun hal ini menjadi krusial untuk dapat ditampilkan oleh setiap sosok individu anggota polri.
Mengingat profesi polri adalah profesi yang senantiasa berhadapan langsung dengan masyarakat sehingga mempunyai akses dan dampak sosial yang relatif cukup luas. apabila upaya perubahan dan perbaikan tersebut mampu terus dilakukan, maka dapat berkembang menjadi kekuatan besar pada level organisasi dan dapat memberikan dampak perubahan yang positif pada masyarakat dan seluruh elemen bangsa.
“Perlu dimaklumi bersama bahwa tugas – tugas polri saat ini dan ke depan akan semakin berat dan kompleks. menciptakan situasi kamtibmas di era demokrasi dan kebebasan tidaklah mudah,” Ucapnya.
Masyarakat semakin transparan dan diikuti dengan tuntutan terhadap kinerja Polri semakin meningkat. anggota polri harus memberi contoh dalam kepatuhan dan ketaatan kepada hukum.
Keteladanan tersebut merupakan cara yang lebih efektif untuk mendidik masyarakat agar senantiasa patuh dan taat hukum. dalam penegakan hukum, polri harus tegas, tidak diskriminatif, dan memperkecil dampak sosialnya.
Polri akan dihadapkan pada berbagai agenda kalender kamtibmas yang membutuhkan antisipasi dan pengamanan yang sungguh – sungguh. salah satunya yaitu pemekaran daerah otonomi baru (dob) dan rangkaian kegiatan pilkada tahun 2024.
“Menghadapi agenda tersebut, saya berharap seluruh jajaran polda papua mempersiapkan rencana pengamanan dengan sebaik–baiknya. lakukan identifikasi kerawanan – kerawanan dan potensi konflik yang ada dan lakukan langkah–langkah antisipasinya,” Tutup Kapolda Papua.
Pada kesempatannya Staf Ahli Gubernur Papua Bidang Pemerintahan Hukum Dan Politik, Tri Warno Purnomo S.STP., M.Si, juga menyampaikan dalam jangka waktu 76 tahun Polda Papua sudah memberikan kontribusi yang Positif bagi masyarakat Papua dalam hal menjaga ketertiban dan keamanan di tanah Papua, mewakili bapak Gubernur Papua mengucapkan selamat hari Bhayangkara-76 kepada kepolisian daerah Papua kususnya Kepolisian Daerah Papua dan seluruh jajaran Polri yang sudah membantu menjaga kondusifitas di tanah Papua.
“Lewat momentum ini menjadi kesempatan yang baik dalam mempererat kemitraan kepada seluruh masyarakat kususnya, gubernur juga menyampaikan bahwa momentum ini merupakan momentum yang baik untuk peningkatan pelayanan Kepolisian kepada masyarakat Papua agar lebih modern dan responsif yang sesuai dengan selogan Polri saat ini yang Presisi,” Ucap Tri Warno. 
Selanjutnya dilanjutjan dengan Pemotongan Tumpeng oleh Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri, S.I.K didampingi Ny. Eva Fakhiri selaku Ketua Bhayangkari Daerah Papua dan diserahkan kepada anggota Polda Papua paling senior AKBP Agustinus, S.H., M.H dengan NRP 64080792 Jabatan Kasubbit Bantuan Hukum Bid Kum Polda Papua dan Anggota Polda Papua termuda Bripda Lala Salampessy NRP 03120058 Jabatan BA Subbit Provos Bid Propam Polda Papua, serta pemberiaan Ppnghargaan kepada anggota Polda Papua dan TNI Angkatan darat yang berprestasi dalam pengabdian.
(asm)
Exit mobile version