BudayaKota Solok

Tidak Ada Orang Pandai, Pemangku Adat pun Jadi

99
Marawak dikubur Nan Barampek Solok. (f/zal mega)

Solok, MJNews.id – Tak ada orang pandai pepatah petitih bapantun sarato gurindam adat, tampaknya pemangku adat harus bisa melakoni peran dan fungsi tersebut. Seperti terjadi saat marawak dikubur Nan Barampek Koto Panjang, Solok dan malakekkan gelar Dt. Rangkayo Mulie dari almarhum Dasril kepada kemenakannya II Dt. Rangkayo Mulie, Kamis 24 Maret 2022.
Bak pituah seperti ditutur Yuslibron Dt. Sutan Ibrahim, Indak kayu janjang dikapiang.,yang penting api hiduik di tungku dan nan dijarang masak. Sako jo pusako lai di kaum bersangkutan.
Prosesi pelekatan gelar Dt. Rangkayo Mulie kepada II Dt. Rangkayo Mulie sepeninggalan Mamaknya, alhamdulillah berjalan lancar sesuai dengan rencana. Setelah itu dipati dengan doa bersama dikubur dan dilanjutkan syukuran selamatan di rumah keluarga almarhum.
Walau cara pemangku adat dalam merawak dan pelekatan gelar dikubua, Lidah kadang kalu tidak sapasif urang pandai yang sudah terbiasa melelokan tradisi adat sejenis di Solok. Namun dama lai pacah, makasuk dituju lah sampai.
Baik pemangku adat di ujung dan dipangka lah sapakek dan satuju terhadap prosesi pelekatan gelar Dt. Rky Mulie kepada II Dt. Rky Mulie.
“Jadi, orang banyak sudah bisa membawa yang bersangkutan ka hilie ka mudiek lai, ka lurah samo menurun dan ka bukik samo mandaki. Kok basuo beliau di labuah dan pasa, Iyo bahimbau gelar Dt. Rangkayo Mulie lai,” jawab Dt. Uban Diujung.
(zal mega)
Exit mobile version