BeritaLimapuluh KotaPolriSumatera Barat

Bupati Limapuluh Kota Kunjungi Lahan Pertanian Kompol Russirwan di Piladang

169
Bupati Limapuluh Kota Kunjungi Lahan Pertanian Kompol Russirwan Di Piladang
Bupati Limapuluh Kota Kunjungi Lahan Pertanian Kompol Russirwan di Piladang. (f/ist)

Mjnews.id – Kompol Russirwan memanfaatkan lahan tidur disulap menjadi lahan pertanian produktif dan ditanami dengan berbagai jenis tanaman seperti tomat, mentimun, cabe, kacang panjang dan buncis serta tanaman lainnya, di Jorong Piladang, Kenagarian Batu Hampa, Kecamatan Akabiliru, Kabupaten Limapuluh Kota.

Pemanfaatan lahan tidur itu menarik perhatian Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo untuk datang berkunjung ke lahan pertanian garapan Kompol Russirwan tersebut, Senin 4 Maret 2024.

Kompol Russirwan, yang kesehariannya bertugas sebagai Waka Polres Payakumbuh, memberikan inspirasi tersendiri bagi masyarakat, utamanya para kaum tani di Kecamatan Akabiluru, Kabupaten Limapuluh Kota, khususnya bagi masyarakat yang memiliki lahan tidur untuk disulap menjadi lahan produktif.

Di luar tanggung jawabnya sebagai anggota Polri, pria kelahiran 19 Maret 1967 di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat, itu sampai saat ini tidak pernah berhenti meninggalkan hobi bertani yang digelutinya hingga saat ini menjabat Waka Polres Payakumbuh.

Anggota Polri yang menamatkan pendidikan kepolisian di SPN Padang Besi tahun 1987/1988 yang kerap disapa dengan panggilan “Ayah” oleh masyarakat ini, mengakui bahwa hobi bertani yang ditekuninya awalnya termotivasi dari arahan pimpinan Polri melalui Kapolda dan Kapolres yang meminta seluruh jajaran mendukung pertanian untuk Ketahanan Pangan Nasional.

Menurut pengakuan Waka Polres Payakumbuh itu, apa yang ia lakukan di bidang pertanian berawal dari melihat potensi wilayah di mana banyak lahan kosong atau lahan tidur serta air yang cukup dan cocok untuk bertani ladang atau kebun.

Dari situ, ungkap Kompol Russirwan, dia mulai bekerja sama dengan pemilik lahan mengolah lahan tidur dengan menanam tomat, kacang panjang, buncis, cabe dan mentimun serta tanaman komoditi lainnya.

“Alhamdulillah, usaha yang saya lakukan bersama pemilik lahan di tahun pertama tepatnya tahun 2022, hasilnya cukup bagus di mana tidak hanya sekedar untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, tapi lebih kepada memperbaiki perekonomian dalam keluarga,” kata mantan Kapolsek Kota Payakumbuh itu.

Untuk diketahui, tukuk Kompol Russirwan, dia juga selalu memanfaatkan kebersamaan saat bersama warga dan pemilik lahan dan memanfaatkan momen kebersamaan itu untuk menyampaikan pesan Kamtibmas guna menekan angka kriminalitas.

Dari arahan, saran, imbauan dan pesan Kamtibmas yang disampaikan Kompol Russirwan itu, Dia berharap warga disibukkan dengan berbagai aktivitas positif sehingga mengurangi tindak pidana.

“Di sisi lain, berbaur dengan masyarakat tani dan mengajak mereka memanfaatkan lahan tidur menjadi lahan produktif untuk ditanami dengan berbagai aneka tanaman, tentunya akan berdampak positif untuk pendapatan masyarakat tani yang secara tidak langsung tentu juga mampu meningkat kesejahteraan masyarakat,” ungkap Russirwan.

Exit mobile version