BeritaKabupaten AgamPendidikanSumatera Barat

Pondok Pesantren Rumah Putih di Sitanang Lahirkan Generasi Islami yang Tangguh

69
Pondok Pesantren Rumah Putih Hamilul Qur’an Al-Sitanangi
Pondok Pesantren Rumah Putih Hamilul Qur’an Al-Sitanangi di Jorong Simpang Ampek, Nagari Sitanang, Kecamatan Ampek Nagari, Kabupaten Agam, Sumbatera Barat. (f/pemkab agam)

Mjnews.id – Pondok Pesantren Rumah Putih Hamilul Qur’an Al-Sitanangi dibangun dengan misi melahirkan generasi yang tangguh secara islami.

Didirikan pada tanggal 1 Muharram 1441 H, dengan peletakan batu pertama pada 20 Agustus 2020, dan diresmikan pada 16 Juli 2023, Pondok Pesantren Rumah Putih menawarkan program unggulan dalam tahfiz Alquran, Bahasa Arab, serta Bahtsul Kutub.

Sebagai salah satu pondok pesantren yang terletak di Jorong Simpang Ampek, Nagari Sitanang, Kecamatan Ampek Nagari, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, Pondok Pesantren ini memberikan kontribusi nyata dalam pendidikan dan pembangunan masyarakat setempat.

Menurut Putri Sitanang yang juga menjadi inisiator pendirian Pondok Pesantren ini, Rasyidah, Pondok Pesantren “Rumah Putih” didirikan atas dasar keinginan untuk membangun generasi yang kuat dan berakhlak Islami di kampung halaman.

“Kami berharap agar putra-putri Sitanang dan sekitarnya tumbuh menjadi sosok yang menguasai Al-Quran serta memiliki pemahaman yang mendalam tentang ajaran Islam, sehingga mereka dapat menjadi agen perubahan yang positif,” ungkap Rasyidah.

Dengan usianya yang baru dua tahun, Pondok Pesantren “Rumah Putih” telah mampu mengakomodasi 41 santri, terdiri dari 19 orang perempuan dan 22 orang laki-laki. Mayoritas santri berasal dari Nagari Sitanang dan sekitarnya.

Saat ini, para santri putri tinggal di rumah yang kosong sejak kedua orang tua Rasyidah wafat, sedangkan santri putra tinggal di asrama yang telah disediakan.

“Saat ini pembangunan asrama santri dan pengembangan pondok sedang giat dikerjakan. Lokasinya persis di belakang bangunan yang sudah ada,” jelas Rasyidah.

Exit mobile version