BaznasBeritaKabupaten DharmasrayaSumatera Barat

Baznas Perkenalkan Program Gemar Berinfak kepada Murid SD se-Kabupaten Dharmasraya

89
Baznas Kabupaten Dharmasraya Launching Program Gemar Berinfak Di Sd Negeri 01 Koto Baru
Baznas Kabupaten Dharmasraya launching program Gemar Berinfak di SD Negeri 01 Koto Baru. (f/pemkab)

Mjnews.id – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Dharmasraya perkenalkan inovasi program bertajuk “Gemar Berinfak” kepada murid Sekolah Dasar.

“Program ini di samping salah satu upaya peningkatan pengumpulan infak sedekah Baznas, juga bakal diharap sebagai wahana edukasi bagi anak didik untuk terbiasa gemar berinfak atau bersedekah,” sebut Ketua Baznas Z. Lubis, melalui Waka I Pengumpulan, Ridwan Syarif, di sela-sela kegiatan launching program Gemar Berinfak di SD Negeri 01 Koto Baru, Selasa 19 Maret 2024.

Turut hadir Kadisdik Dharmasraya, Bobby Perdana Riza, Ketua Baznas Z Lubis, Kepala SD 01 Koto Baru, Refridhawati, Komite sekolah beserta majelis guru dan perwakilan wali murid.

Diterangkan, program Gemar Berinfak sebenarnya adalah sangat sederhana sekali, siswa dibekali dengan sebuah celengan dan ditaruh di rumah masing-masing. Saat ada sisa belanja, jajan dengan kesadaran sendiri dan keikhlasan masukkan ke dalam celengan tersebut.

“Selang dua, tiga bulan nanti infak sedekah dikumpul oleh Dai Baznas kecamatan dan selanjutnya diserahkan ke Baznas. Dan 50 persen dana infak sedekah ini akan dikembalikan ke sekolah dalam bentuk program sosial bagi siswa di sekolah tersebut maupun di lingkungannya,” sebut Ridwan

Kadisdik Dharmasraya, Bobby Perdana Riza menyambut baik program ini sebagai sebuah pembelajaran luar sekolah, mendidik siswa agar suka dan gemar berinfak maupun bersedekah.

Di luar itu juga memupuk sikap peduli keluarga, orang tua siswa untuk gemar berinfak melalui program yang digagas Baznas ini.

“Tidak boleh ada pemaksaan terhadap siswa, dan infak sedekah inipun tidak pula di kelola oleh sekolah, sekolah hanya pendamping program,” sebut mantan Kadis Sosial Dharmasraya itu.

(*)

Exit mobile version