BeritaSumatera BaratWisata

Gubernur Mahyeldi Buka Bimtek Sadar Wisata Bagi Pengelola Desa Wisata Sumbar

139
Bimtek Sadar Wisata Bagi Pengelola Desa Wisata Sumbar
Bimtek Sadar Wisata Bagi Pengelola Desa Wisata Sumbar. (f/pemprov)

Mjnews.id – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah menyebut Pemerintah Provinsi sengaja menjadikan pengembangan desa wisata sebagai salah satu prioritas dalam pembangunan daerah.

Pihaknya menilai, dengan demikian akan terbuka peluang ekonomi baru untuk menambah pendapatan masyarakat.

“Pariwisata itu pengaruhnya luas, sangat cocok untuk mempercepat peningkatan ekonomi masyarakat. Oleh sebab itu, kita serius mengembangkan pariwisata berbasis kearifan lokal ini melalui program desa wisata,” kata Mahyeldi.

Hal itu dikatakannya, saat membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Sadar Wisata Bagi Pengelola Desa Wisata Sumbar di Padang, Kamis 9 Mei 2024.

Menurutnya, asalkan masyarakat kreatif akan banyak manfaat ekonomi yang bisa diperoleh dari sektor pariwisata tersebut.

“Soal peluang ekonomi di pariwisata itu banyak, bisa dengan membuka homestay, warung makan, kerajinan tangan, dan jasa pemandu wisata. Tapi semua itu harus disertai dengan kreatifitas dan semangat melayani, agar wisatawan yang datang nyaman,” kata Mahyeldi.

Selain itu, sambung Mahyeldi, desa wisata juga bisa dijadikan sebagai wadah promosi berbagai produk lokal. Secara kualitas, produk lokal itu tidak kalah dibandingkan produk industri, hanya saja mereka sangat terbatas dari segi jaringan dan pemasaran.

“Bagaimana caranya agar produk lokal bisa muncul dan dikenal banyak pihak, salah satu solusinya ya melalui pemanfaatan desa wisata,”tegas Mahyeldi.

Jika pengembangan desa wisata ini berjalan sesuai harapan, Mahyeldi meyakini bukan hanya ekonomi masyarakat yang akan bertumbuh. Tapi juga akan berdampak positif untuk kelestarian budaya daerah.

Exit mobile version