Kota SawahluntoPendidikanSumatera Barat

223 Santri Ikuti Khatam Alquran Gabungan se-Kecamatan Barangin

180
Khatam Alquran Gabungan Se-Kecamatan Barangin Yang Dipusatkan Di Masjid Baitul Amal Sapan Kelurahan Durian Ii
Khatam Alquran Gabungan se-Kecamatan Barangin yang dipusatkan di Masjid Baitul Amal Sapan Kelurahan Durian II, Minggu 26 Februari 2023 pagi. (f/uni)

Sawahlunto, MJNews.id – Wakil Walikota Sawahlunto, Zohirin Sayuti membuka secara resmi kegiatan Khatam Alquran Gabungan di lingkup Kecamatan Barangin, Minggu 26 Februari 2023 pagi, yang dipusatkan di Masjid Baitul Amal Sapan Kelurahan Durian II.

Dalam kegiatan tersebut, Wakil Walikota sangat menyambut baik dan mengapresiasi khatam Al-Quran gabungan yang dilaksanakan oleh Kecamatan Barangin tersebut.

“Melalui kegiatan ini dapat meningkatkan silaturahim, anak-anak bisa saling kenal mengenal, begitupun orang tua mereka,” kata Wakil Walikota.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Walikota juga menyampaikan berbagai program yang telah dicapai dalam bidang keagamaan, seperti hadirnya rumah rumah tahfiz binaan pemerintah kota Sawahlunto dan kegiatan keagamaan yang turut berkembang di kota Sawahlunto yang selalu didukung oleh pemerintah.

“Khatam gabungan ini sebagai wadah meningkatkan cinta quran dan pengalamannya dalam kehidupan sehari hari dan pemerintahpun telah mendukungnya dengan perda tentang khatam Alquran, paparnya menjelaskan.

Ia berharap, kecamatan lain juga dapat mengikuti khatam seperti ini. “Kami himbau kepada anak-anak kami, setelah ini jangan sampai berhenti membaca Al-Quran, teruslah mempelajari dan mengamalkannya pinta wakil walikita di akhir sambutannya.

Sementara itu Camat Kecamatan Barangin Subandi, dalam sambutannya mengatakan, Dari 10 desa/kelurahan di Kecamatan Barangin hanya desa Lumindai yang tidak mengikuti nya,karena jauh, mereka akan mengadakan khatam sendiri,” ujarnya.

Subandi menambahkan kegiatan ini merupakan salah satu wadah untuk menjalin Ukhuwah dan penanaman nilai nilai dasar Alquran, guna membentengi anak-anak dari pengaruh negatif teknologi informasi yang berkembang pesat saat ini.

Sedangkan Ketua Pelaksana Primayogi murpi dalam laporan kegiatannya menyampaikan, Kegiatan Khatam Alquran Gabungan di lingkup Kecamatan Barangin ini mengusung tema ”Kita tingkatkan motivasi dan kecintaan generasi muda Islam dalam memahami dan mengamalkan Alquran dalam kehidupan Sehari-hari”.

Khatam gabungan ini melibatkan 36 TPQ/MDTA se-Kecamatan Barangin dengan jumlah peserta 223 orang, yang diawali terlebih dahulu dengan pawai Takruf dari rumah empat Sungai Durian menuju Masjid Baitul Amal Sapan, Selain di Masjid Baitul Amal Sapan, Kegiatan ini juga melibatkan beberapa lokasi seperti masjid Quba sungai durian, Mushalla Darul Jannah Polsek Barangin dan Mushalla Nurul Ikhlas Air Karuh.

(Uni)

Exit mobile version