KesehatanPesisir SelatanSumatera Barat

Dinas Kesehatan Pessel Siap Dukung “Crash Program Polio”

169
Kepala Dinas Kesehatan Pessel, Dr. Syahrizal Antoni
Kepala Dinas Kesehatan Pessel, dr. Syahrizal Antoni. (f/ist)

Pesisir Selatan, MJNews.id – Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) siap mendukung upaya pemberantasan polio melalui Program “Crash Program Polio” di Sumbar.

Kepala Dinas Kesehatan Pessel, dr. Syahrizal Antoni, menegaskan hal tersebut, Senin (27/2/2023) di Painan.

Syahrizal menjelaskan, “Crash Program Polio” merupakan kegiatan pemberian imunisasi polio tambahan pada sasaran tanpa memandang status dan interval imunisasi sebelumnya baik imunisasi rutin maupun Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN).

Lebih lanjut Syahrizal mengatakan, program ini merupakan upaya pencegahan penularan kasus Polio dengan cara meningkatkan kekebalan (imunitas) bagi anak usia 0-59 bulan.

Polio adalah penyakit yang dapat menyerang saraf hingga menyebabkan kelumpuhan permanen. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus dan polio tetapi dapat dicegah dengan melakukan imunisasi polio.

“Upaya ini dilakukan sehubungan dengan Provinsi Sumatera Barat merupakan daerah berisiko terhadap penularan virus polio. Kegiatan Crash Program yang diawali dengan di Provinsi Sumatera Barat akan dilaksanakan pada 6 sampai 12 Maret 2023 dilanjutkan dengan sweeping 5 hari,” katanya.

Lanjutnya, Crash Program Polio dilakukan pemberian satu dosis Imunisasi bivalent Oral Pollo Vaccine (bOPV) dan empat dosis imunisasi Inactivated Poliovirus Vaccine (IPV).

“Imunisasi bOPV ditujukan untuk seluruh anak usia 0 sampai dangan 59 bulan, sedangkan imunisai IPV ditujukan untuk seluruh anak usia empat sampal dengan 59 bulan,” tutupnya.

(canang)

Exit mobile version