Kabupaten AgamPendidikanReligiSumatera Barat

Peserta Terbaik Khatam Alquran MDTA Nurul Iman Lungkok Dapat Hadiahn dari Bupati Agam

197
Khatam Alquran Mdta Nurul Iman Lungkok
Khatam Alquran MDTA Nurul Iman Jorong Lungkok, Nagari Kubang Putiah, Kecamatan Banuhampu, Kabupaten Agam. (f/ist)

Mjnews.id – Bupati hadiahkan bonus kepada peserta terbaik khatam Alquran MDTA Nurul Iman Jorong Lungkok, Nagari Kubang Putiah, Kecamatan Banuhampu.

Hal ini disampaikannya saat melepas pawai Khatam Qur’an MDTA Nurul Iman, Selasa (25/4/2023).

“Jangan lihat apa dan berapa bonus ini, tapi dengan adanya bonus ini diharapkan dapat menjadi penambah semangat bagi anak-anak untuk belajar dan mendalami ilmu Alquran”, katanya.

Pada kesempatan tersebut, Andri Warman mengungkapkan rasa bangganya atas terselenggaranya kegiatan ini.

“Karena khatam Alquran ini sudah menjadi tradisi kita di Kabupaten Agam sejak dulunya. Hampir semua MDA dan MDTA di Agam menjadikan khatam Qur’an sebagai agenda rutin setiap tahunnya,” ujarnya.

Jumlah anak-anak yang dikhatam sebanyak 26 orang. Pawai khatam Alquran ini diiringi dengan penampilan pakaian adat, tambua tansa dan drum band dari anak-anak nagari tersebut.

Dikatakan, kegiatan ini sejalan dengan program Pemkab Agam di bidang Agama, yaitu seribu rumah tahfiz, dan khatam Alquran ini awal untuk bisa melanjutkan ke rumah tahfiz.

Kepada seluruh anak-anak yang di khatam ia berpesan untuk melanjutkan ke rumah tahfiz, agar bisa lebih mendalami ilmu Alquran.

“Khatam Alquran ini bukanlah akhir dari belajar Alquran, namun awal untuk lebih mendalami ilmu Alquran,” ujarnya.

Menurutnya, khatam Alquran ini untuk memperoleh sertifikat yang nantinya menjadi salah satu syarat melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya.

“Namun rumah tahfiz lebih kepada pendalaman ilmu dan penghafalan Alquran,” jelasnya.

Dikatakan, untuk anak-anak yang hafal atau hafiz 30 juz, Pemkab Agam akan memberikan beasiswa, yaitu gratis untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

Ia berharap, dengan kegiatan-kegiatan ini dapat menghasilkan generasi muda yang Qurani.

(jef)

Exit mobile version