KemenagKota SawahluntoSumatera Barat

Kakanwil Kemenag Sumbar Buka Bimbingan Manasik Haji tingkat Kota Sawahlunto

309
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat, H. Helmi
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat, H. Helmi. (f/humas)

MJNews.id – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat, H. Helmi menyampaikan, Calon jemaah haji yang sudah melunasi biaya haji termasuk yang lunas tertunda, Insya Allah akan diberangkatkan ke Tanah Suci.

Demikian disampaikan Kakanwil Kemenag Helmi, saat membuka kegiatan Manasik Haji tingkat Kota Sawahlunto di Masjid Agung Nurul Islam Kota Sawahlunto, Senin 8 Mei 2023.

“Jelang keberangkatan calo jemaah haji tersebut, saat ini sedang berlangsung proses biometrik dan pengurusan visa,” imbuhnya.

Terkait jadwal keberangkatan, kata Kakanwil, secara Nasional mulai masuk Asrama Haji tanggal 23 Mei 2023.

“Kloter pertama gelombang pertama berangkat ke Madinah pada 24 Mei 2023,” sambungnya.

Khusus Sumatera Barat terdapat 12 kelompok terbang (kloter), masing-masing terdiri dari 388 jemaah didampingi 5 orang petugas kloter.

“Tanggal 3 Juni 2023 calon haji Sumatera Barat sudah mulai masuk Asrama Haji dan besoknya di terbangkan ke Tanah Suci dengan Pesawat Garuda,” terangnya.

Tahun ini sebut Kakanwil sistem penempatan jemaah melalui zonasi.

“Sumbar ditempatkan di Mekah dalam satu zona, intinya perjalanan ibadah haji menyenangkan,” paparnya.

Wali Kota Sawahlunto, Deri Asta yang juga hadir dalam kegiatan manasik haji tersebut, mengucapkan selamat datang atas kehadiran Kakanwil. Walikota juga memaparkan secara singkat saat pengalaman dirinya sewaktu mendaftar haji.

Sebelumnya, Kakankemenag Kota Sawahlunto, H. Dedi Wandra mengungkapkan, calon haji asal Sawahlunto tahun ini termasuk istimewa. Pasalnya, Wali Kota Deri Asta, Wakil Ketua DPRD Jaswandi juga berangkat ke Tanah Suci, termasuk Kabag Kesra Setdako Sawahlunto Irwan selaku TPHD.

TPHD adalah Petugas Daerah yang menyertai jamaah haji dalam kelompok terbang, bertugas membantu memberikan bimbingan ibadah, pelayanan umum dan pelayanan kesehatan.

Turut hadir dalam kegiatan itu Ketua DWP Kanwil Kemenag Sumbar Ny.Hj. Nazifah Helmi dan Ketua DWP Kemenag Kota Sawahlunto Ny. Aisyah Dedi Wandra beserta Kasubag, Kasi dan jajaran PHU Kemenag Sawahlunto.

(Uni)

Exit mobile version