Kota SawahluntoSumatera Barat

KPU Sah Terima Pendaftaran Bacaleg PAN Sawahlunto

482
Kpu Sah Terima Pendaftaran Bacaleg Pan Sawahlunto
KPU Sah Terima Pendaftaran Bacaleg PAN Sawahlunto. (f/ist)

MJNews.id – omisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sawahlunto, hari ini Jum’at 12 Mei 2023 kembali menerima pendaftaran Bacaleg dari 2 Parpol, yakni partai Ummat dan Partai Amanat Nasional.

Untuk PAN yang mendaftarkan Bacalegnya sore tadi, diterima Ketua KPU Sawahlunto yang diwakili oleh Divisi Hukum Akaswita di KPU Sawahlunto.

Dalam kesempatan tersebut, Akaswita menyampaikan, pada pendaftaran ini, bagi parpol yang mendaftarkan bacalegnya, berkasnya akan diperiksa oleh tim Verifikator.

“Berkas yang telah diserahkan tadi kami periksa. Jika berkas Pendaftaran tersebut lengkap akan keluar berita acara, bahwa kami telah memproses itu, dan dilanjutkan dengan verifikasi Administrasi dari tanggal 15 Mei sampai 23 Juni. Jika dilakukan verifikasi administrasi sekarang ada yang tidak lengkap atau ada yang tidak ada, maka akan dikeluarkan tanda pengembalian, dan perbaikan oleh Partai itu dapat segera dilakukan sampai tanggal 14 Mei sampai jam 23.59 WIB,” paparnya menjelaskan.

Sementara itu, Ketua DPD PAN Kota Sawahlunto Deri Asta menyampaikan, dari rencana awal pihaknya akan mendaftarkan Bacalegnya pada hari Minggu, tetapi sesuai perintah partai dan sesuai nomor urut partai.

“Jadi untuk PAN serentak di tanggal 12 mulai dari DPR RI, Provinsi maupun DPRD Kabupaten Kota, untuk itu kami datang hari ini membawa dokumen,” kata Deri Asta.

Tentu dokumen yang diberikan pada hari ini kami mohon untuk dilakukan evaluasi dan verifikasi, dan Alhamdulilah dari verifikasi yang dilakukan tim Verifikatir KPU, dokumen pencalegan kita sudah diterima oleh KPU, tetapi apakah lengkap atau tidak lengkap akan dilakukan verifikasi faktual dan waktunya diperkirakan sampai bulan Juni 2023 mendatang.

“Jika masih ada kekurangan persyaratan, itu yang harus dilengkapi, tetapi secara Administrasi umum kita dianggap yang sudah lengkap dan diterima dokumen kita”kata Deri Asta menjelaskan.

Dikatakan lebih lanjut, Dari 20 Bacaleg yang diminta oleh KPU untuk semua dapil, terisi semuanya.

“Bacaleg PAN saat ini lengkap terdiri dari berbagai kalangan mulai tokoh masyarakat, pengusaha bahkan dari perwakilan organisasi sosial dan Bacaleg pun ada yang dari kaum milenial.

“Dengan harapan bagaimana PAN disukai dimasyarakat Sawahlunto dan mewakili di DPRD Sawahlunto, targetnya pada Pemilu 2024 ini Partai Amanat Nasional memperoleh Pimpinan di DPRD Sawahlunto, target ini tentu tidak akan terwujud tanpa adanya semangat dari para caleg dan dukungan para kader semua,” pungkas Deri Asta.

Dalam kegiatan ini juga dilakukan penandatanganan berita acara, sebagai tanda sahnya diterima pendaftaran Bacaleg dari Parpol PAN Sawahlunto oleh Ketua KPU dan komisioner KPU Kota Sawahlunto yang disaksikan juga oleh Bawaslu Kota Sawahlunto.

(Uni)

Exit mobile version