Kabupaten SolokSumatera Barat

Pengurus Asosiasi Bawang Merah Indonesia Kabupaten Solok Dilantik

196

Mjnews.id – Bupati Solok, H. Epyardi Asda mengikuti pelantikan dan pengukuhan Asosiasi Bawang Merah Indonesia Kabupaten Solok serta Pelepasan Kontingen Penas Tani XVI Kabupaten Solok, di Gedung Solinda, Kamis (08/6/2023).

Tampak hadir Dirjen Holtikultura Kementerian Pertanian RI diwakili oleh Bapak Subardi, Asisten II Deni Prihatin,
Ketua Umum Asosiasi Bawang Merah Indonesia Juwari, SP, Jajaran Asosiasi Bawang Merah Indonesia, Kepala OPD terkait, Para Pegiat Bawang di Kabupaten Solok.

Pengurus Asosiasi Bawang Merah Indonesia Kabupaten Solok yang dilantik yakni, Ketua Amri Ismail, SE, M.Si, Wakil Ketua Liderson, A.Md., Ayatul Rajo Bangkeh, S.Pt., Marnofi Hendri, S.Pt. Sekretaris Hafiz Walfarizi, A.Md, Wakil Sekretaris Algusra Tanjung, Bendahara Indra Wardi.

Kepala Dinas Pertanian Drh. Kenedy Hamzah, M.Si menyampaikan Asosiasi ini terbentuk setelah kita difasilitasi oleh Pimpinan untuk melakukan studi banding tentang bawang merah ke Kabupaten Brebes.

Pada saat ini bawang merah kita mencapai 13 ribu tanaman dan terfokus di Kecamatan Lembah Gumanti, Danau Kembar dan Lembang Jaya, dan sekarang telah berkembang ke Kecamatan Pantai Cermin, Hiliran Gumanti dan Gunung Talang.

Ketua Umum Asosiasi Bawang Merah Indonesia Juwari, SP merasa senang karena perjuangan sebagai petani bawang merah sudah sangat berkembang dengan pesat sampai pada saat ini.

“Kami telah mendirikan Asosiasi Bawang Merah ini di seluruh kabupaten kota yang memiliki sentra bawang merah dengan harapan petani bawang merah ini semakin maju kedepannya dengan adanya asosiasi ini diharapkan indonesia bisa menjadi sebagai pengekspor bawang merah terbesar di Asia,” ungkapnya.

Sementara Bupati H. Epyardi Asda, menyampaikan hari ini kita baru saja menyaksikan pelantikan Asosiasi Bawang Merah Indonesia Kabupaten Solok ini. “Ini merupakan trobosan yang cukup bagus bagi para petani bawang merah di Kabupaten Solok,” ujarnya.

Epyardi sampaikan, potensi penghasil bawang merah akan meningkatkan ekonomi di kabupaten solok ini. Saya berharap kedepannya Dinas Pertanian ini dapat menggali potensi potensi di bidang pertanian di Kabupaten solok.

Dikatakan Bupati bahwa target kedepannya Kabupaten Solok ini menjadi penghasil bawang terbesar di Sumatera.

“Dengan adanya asosiasi ini kita akan memfasilitasi para petani untuk meningkatkan kapasitas dan pengetahuan para petani bawang di kabupaten solok ini,” katanya.

Bupati berpesan kepada para petani silahkan usulkan apa saja yang bisa kami bantu dari Pemda dengan tidak melanggar aturan yang berlaku. Dengan adanya acara ini, mudah-mudahan petani akan jaya dan Kabupaten Solok akan bangkit serta masyarakatnya akan makmur.

(sis)

Exit mobile version