PendidikanSumatera Barat

Gubernur Sumbar Lepas Keberangkatan 70 Mahasiswa ke Luar Negeri

161
Gubernur Sumbar Lepas Keberangkatan 70 Mahasiswa Ke Luar Negeri
Gubernur Sumbar, Mahyeldi Lepas Keberangkatan 70 Mahasiswa ke Luar Negeri. (f/biro adpim)

Mjnews.id – Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi Ansharullah menyebut mahasiswa asal Sumbar yang sedang menempuh pendidikan di luar negeri sebagai “Etalase Sumatera Barat”. Oleh sebab itu, mahasiswa asal Sumbar harus menunjukkan karakter khas warga Sumbar sebagai orang yang berbudaya, cendekia, dan penuh keramahtamahan.

Hal itu disampaikan Gubernur Mahyeldi saat melepas secara resmi keberangkatan 70 mahasiswa asal Sumbar ke luar negeri, di istana gubernur, Rabu (6/9/2023), untuk menempuh pendidikan tinggi di universitas yang tersebar di delapan negara.

Keberangkatan 70 mahasiswa tersebut difasilitasi oleh Lembaga Halo Beasiswa, yang concern menjembatani keinginan pelajar Indonesia untuk dapat berkuliah di luar negeri.

“Ananda sekalian adalah wajah Sumbar di luar negeri. Menjadi etalase bagi orang luar negeri untuk mengenal Sumatera Barat sebagai negeri yang berbudaya, negeri yang menjunjung tinggi nilai-nilai kebaikan, dan tempat lahirnya para cendekiawan serta tokoh-tokoh bangsa,” ucap Gubernur, didampingi Kepala Biro Adpim Setdaprov Sumbar, Mursalim.

Selain itu, Gubernur berpesan agar mahasiswa yang menjalani pendidikan Strata 1 di luar negeri tersebut, untuk menjalani aktivitas perkuliahan dengan sebaik-baiknya. Sehingga bisa segera tamat dan melanjutkan pendidikan ke strata berikutnya, atau pulang untuk mengabdikan diri pada kampung halaman melalui bidang keilmuan masing-masing.

“Patut ananda sekalian ingat, bahwa dalam diri ananda mengalir darah para pejuang bangsa, pendiri bangsa, proklamator bangsa, dan tokoh-tokoh pembangunan bangsa. Sehingga ke depan, ananda sekalian harus bertekad untuk menyambung tugas-tugas pembangunan bangsa ini, dan menjawab tantangan mewujudkan Indonesia Emas pada tahun 2045 nanti,” ucap Gubernur lagi.

Di sisi lain, CEO Lembaga Halo Beasiswa, Tareq Al Bana menyebutkan, lembaga tersebut memang fokus dalam menjembatani keinginan pelajar Indonesia untuk berkuliah di luar negeri. Ada pun 70 mahasiswa asal Sumbar yang diberangkatkan kali ini, akan menempuh pendidikan di Negara Turki, Taiwan, Yaman, India, Polandia, Jordania, dan Jepang.

“Kita ingin teman-teman pelajar asal Sumbar bisa mewujudkan keinginannya untuk berkuliah di luar negeri. Oleh karena itu, kita aktif mencari peluang beasiswa dan kemudian menyebarkannya ke sekolah-sekolah. Kita sangat berterima kasih atas kesediaan dan dukungan Bapak Gubernur Sumbar dalam membekali teman-teman ini,” ucap Tareq.

(adpsb)

Exit mobile version