Bank NagariParlemenPerbankanSumatera Barat

Jelang RUPS-LB, KMP Bank Nagari Minta DPRD Sumbar Pantau Pembentukan Pansel Direksi

180
Komisi Iii Dprd Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Menerima Kunjungan Dari Koalisi Masyarakat Peduli Bank Nagari (Kmp Bank Nagari)
Komisi III DPRD Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menerima kunjungan dari Koalisi Masyarakat Peduli Bank Nagari (KMP Bank Nagari) di ruang khusus I DPRD Sumbar, Jumat (6/10/2023). (f/humas)

Mjnews.id – Komisi III DPRD Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) menerima kunjungan dari Koalisi Masyarakat Peduli Bank Nagari (KMP Bank Nagari) di ruang khusus I DPRD Sumbar, Jumat (6/10/2023).

Kunjungan ini terkait dengan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB) PT. Bank Nagari yang akan berlangsung pada tanggal 11 Oktober 2023. RUPS-LB ini hanya memiliki satu agenda, yaitu pembentukan panitia seleksi (pansel) dewan direksi dan komisaris Bank Nagari.

Ketua KMP Bank Nagari, Drs. Marlis, MM, menyampaikan permintaan kepada DPRD Sumbar untuk mengawasi proses pembentukan Pansel dan suksesi Dewan Komisaris serta Dewan Direksi. Hal ini disebabkan Bank Nagari memiliki peran penting dalam memberikan pendapatan asli daerah.

KMP Bank Nagari juga menyarankan agar tidak mendatangkan calon Direksi dari luar Bank Nagari, mengingat pengalaman buruk pada periode 2016-2020 ketika Direksi dari luar diangkat.

Selain itu, KMP Bank Nagari ingin agar anggota Pansel dipilih berdasarkan kompetensi di bidang perbankan dan bebas dari afiliasi dengan kelompok politik. Mereka menekankan pentingnya transparansi dalam proses pemilihan anggota Pansel yang memiliki keahlian di bidang perbankan.

Ketua Komisi III DPRD Sumbar, Ali Tanjung, menyatakan dukungannya terhadap upaya yang dilakukan oleh KMP Bank Nagari dalam menjaga kepentingan Bank Nagari.

Komisi III berkomitmen untuk mengawasi proses pembentukan Pansel serta suksesi Dewan Komisaris dan Direksi Bank Nagari, dan akan menyampaikan laporan resmi kepada pimpinan DPRD Sumbar dan Gubernur Sumbar.

(hpr)

Exit mobile version