Kota SawahluntoSumatera BaratWisata

Goa Kelambu di Bukit Ngalau Kuning, Destinasi Wisata Baru Desa Silungkang Oso, Sawahlunto

761

MJNews.id – Jika berkunjung ke Desa Silungkang Oso, yang terbersit di benak pengunjung adalah geoparknya, yakni Objek Wisata Batu Runciang. Ternyata, Desa Silungkang Oso juga menyimpan objek wisata alam yang belum terekspos, salah satunya Goa Kelambu yang berada di kawasan Bukit Ngalau Kuning.

“Goa Kelambu ini berjarak 500 meter dari objek Wisata Batu Runciang,” kata Kepala Desa Silungkang Oso, Kota Sawahlunto, Ferdinal kepada Media, Selasa 31 Oktober 2023.

Ferdinal menyebutkan, dalam waktu dua minggu ini pihaknya bersama warga Dusun Sawah Darek sedang giat melaksanakan gotong royong, guna membuka destinasi wisata baru untuk Goa Kelambu tersebut, sehingga nantinya dapat dikunjungi, setidaknya oleh warga setempat terlebih dahulu.

“Meskipun di tahun 2018, kawasan Bukit Ngalau Kuning ini pernah dijadikan tempat kegiatan festival songket, namun karena tidak ada pembersihan lokasi, jadi kurang terekspos. Tahun ini kita akan buka kembali destinasinya dengan nuansa alami,” paparnya.

Ferdinal juga menjelaskan, untuk tahun depan, pihaknya akan melakukan pengembangan terhadap objek wisata Goa Kelambu ini yang diawali dengan pembukaan jalan, yang akan dianggarkan ke dalam Dana Desa di tahun 2024 mendatang sebesar 200 juta rupiah.

”Kita maunya nanti Dana Desa ini bisa menjadi sumber dana yang produktif, bukan konsumtif lagi, yang nantinya dikelola oleh pokdarwis di bawah naungan BUMDES,” imbuhnya lagi.

Terkait pengembangan sarana dan prasarana pada Objek Wisata Goa Kelambu ini, Dirinya bercita-cita akan ada nantinya jembatan penghubung antara Batu Runciang dengan Bukit Ngalau Kuning.

Selain itu, dirinya juga bercita-cita untuk membangun wisata taman bunga Galabo, wisata Taman Buah Balerong Desa Silungkang Oso.

Ferdinal berharap tentunya dengan kebersamaan, apa yang dicita-citakan ini dapat terwujud yang akhirnya berujung dalam mendongkrak perekonomian Desa Silungkang Oso.

(Uni)

Exit mobile version