BudayaSolok SelatanSumatera Barat

Inovatif! Pemkab Solsel Sosialisasikan Pencegahan Stunting Melalui Randai

160
Pemkab Solsel Sosialisasikan Pencegahan Stunting Melalui Randai
Sosialisasi Pencegahan Stunting Melalui Randai di RTH Solok Selatan di Padang Aro, Sabtu malam (11/10/2023). (f/diskominfo)

Mjnews.id – Berbagai upaya terus dilakukan oleh Pemkab Solok Selatan dalam menurunkan prevalensi Stunting. Melalui Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KB PP & PA), Pemkab menggelar budaya Randai dalam sosialisasi pencegahan stunting

Pagelaran randai tersebut berlangsung di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Solok Selatan di Padang Aro, Sabtu malam (11/10/2023), disambut antusias oleh masyarakat yang memadati RTH tersebut.

Kepala Dinas DP2KB, PP&PA Kabupaten Solok Selatan dr. Erawati menjelaskan bahwa pencegahan stunting dapat dilakukan dengan berbagai cara sosialisasi, ternasuk dengan menggunakan saluran media tradisional

“Salah satunya dengan sosialisasi melalui seni tradisional Rabab, agar mudah diterima dan pesan yang disampaikan dekat dengan kehidupan masyarakat,” ujar dr. Erawati.

Erawati menambahkan bahwa sesuai arahan Bupati dan Wabup Solsel, OPD-OPD yang terkait langsung dengan penanganan stunting diminta untuk terus mensosialisasikan persoalan stunting sebagai salah satu bentuk pencegahan di tengah-tengah masyarakat.

Beberapa pesan kata Erawati disampaikan melalui Rabab, diantaranya :

Ondeh rabab yo rabab tolong sampaikan
Stunting ko dek kurangnyo gizi di 1.000 hari pertamo kehidupan, bahkan di mulai di maso kehamilaan. dampak nyo gadang ka maso depan.

Main lah ka solok selatan, saribu rumah gadang nyo nan terkenal
Main lah ka solok selatan, saribu rumah gadang nyo nan terkenal
Stunting ko bukan hanyo masalah kesehatan, tetapi lakek juo masalah ekonomi jo sosial. Ondeh tuan yo tuan usah lah lalai.

Ondeh puan yo puan jan sampai lupo (ondeh)
Bayi nan lahia barilah ASI salamo 6 bulan nan partamo
ASI ko banyak nutrisinyo malawan panyakik nan kasadonyo

Ondeh rabab yo rabab tolong sampaikan
Paralu makanan tambahan kok lah labiah 6 bulan
Bisa ikan, talua, buah jo sayua untuak kesehatan.

(sus)

Exit mobile version