Padang PanjangSumatera Barat

Ratusan Murid SD dan SLTP Berlomba Gambar Bercerita Cagar Budaya di Galanggang Arang #1 Padang Panjang

130
Ratusan Murid SD dan SLTP Berlomba Gambar Cagar Budaya di Galanggang Arang #1
Ratusan Murid SD dan SLTP Berlomba Gambar Cagar Budaya di Galanggang Arang #1 Padang Panjang. (f/kominfo)

MJNews.id – Meriahkan kegiatan Galanggang Arang #1, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) gelar Lomba Gambar Bercerita Cagar Budaya tingkat SD dan SLTP se-Kota Padang Panjang, Rabu (8/11/2023).

Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan kreativitas anak dan memperkenalkan mereka pada warisan tambang budaya jalur kereta api pengangkut batu bara yang telah ditetapkan sebagai warisan dunia.

Kepala Disdikbud, Nasrul, S.H, M.Si menyampaikan, kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian Galanggang Arang untuk aktivasi Warisan Tambang Batu Bara Ombilin Sawahlunto (WTBOS). Kerja sama Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud Ristek dengan Disdikbud Padang Panjang.

“Untuk mewujudkan aktivasi dari kegiatan ini, kita harus melibatkan anak-anak muda dari sekarang. Maka dari itu kita gelar kegiatan lomba ini,” ujar Nasrul kepada Kominfo.

Acara ini diikuti 60 sekolah, dengan rincian 42 SD dan 18 SLTP dengan 60 guru pendamping dari masing-masing sekolah. Masing-masingnya mengirim perwakilan dua siswa dan dua siswi. Total 300 orang mengikuti lomba menggambar dengan tema kereta api tersebut.

Tampak antusiasme dari peserta. Mereka begitu bersemangat mengikuti lomba yang diadakan di Stasiun Kereta Api Padang Panjang ini.

Adapun pemenang lomba ini, untuk tingkat SLTP putra dimenangkan Ahmad (SMPN 1 Padang Panjang), SLTP putri oleh Nayla (SMP N 5). Tingkat SD putra Gavin Heston (SDIT Juara) dan SD putri Kayla Aurora Anastasia (SDN 4 Padang Panjang Timur).

Guru pendamping SDIT Juara menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan ini. Terlebih sebagai sebuah kebahagiaan dan kebanggaan bagi sekolahnya dapat berpartisipasi dan menjadi pemenang.

“Semoga kegiatan ini dapat menjadi agenda rutin kota, sehingga bisa menjadi wadah mengembangkan bakat diri bagi anak-anak kita. Selamat kepada semua pemenang. Anak-anak hebat terkhusus untuk anak kami Gavin Semoga bisa menjadi motivasi untuk semakin berprestasi bagi anak-anak lain,” tuturnya.

(arb/cg)

Exit mobile version