Kota SolokSumatera Barat

Dorong Perkembangan UMKM, Kadin Kota Solok dan Dikoperindag Adakan Festival Fest dan Solo Song

259
Kadin Kota Solok Dan Dikoperindag Adakan Festival Fest Dan Solo Song
Kadin Kota Solok dan Dikoperindag Adakan Festival Fest dan Solo Song. (f/zal mega)

Mjnews.id – Kamar Dagang Industri Indonesia (Kadin) Kota Solok bekerjasama dengan Dinas Koperindag terus berupaya mendorong pertumbuhan dan perkembangan UMKM agar berkembang pesat dan maju.

Maka itu tak heran Kadin dan Dinas Koperindag terus melakukan berbagai program kerja guna memotivasi semangat UMKM agar tidak lesu dan tetap bersemangat penuh yakin kelak usaha dirintis bakal maju pesat dan berkembang.

Salah satu bentuknya dengan menggelar Festival Fest dan Solo Song di halaman Kantor Kadin Kota Solok di Simpang Rumbio, Sabtu (25/11/2023).

Di sela-sela pelaksanaan ajang festival tersebut, panitia juga mengundang dan melibatkan puluhan UMKM memanfaatkan momen ersebut mempromosikan serta menjual berbagai prodak usaha UMKM.

Saat ini UMKM terdaftar serta terverifikasi pada Dinas Koperindag, kata Kabid Perdagangan Asrul, sebanyak 6.000 UMKM. Sementara itu dalam tubuh Kadin tercatat sampai berita ini diturunkan sudah ada sebanyak 2.000 UMKM divalidasi.

Festival Fest dan Solo Soung tersebut dibuka Walikota Solok diwakili Kabid Perdagangan Asrul. Turut hadir dan memberikan sambutan Ketua Kadin Tamron, Ketua Asosiasi UMKM Yurnalis. Penasehat Kadin Kota Solok Yazid Kasim dan undangan antara lain terlihat Guswardi.

Sementara bicara keterbatasan modal usaha. Asrul mengakui keterbatasan modal usaha termasuk salah satu kendala serius dihadapi UMKM bagi pertumbuhan dan perkembangan usaha.

Namun pengalaman selama ini sering dialami pemda jika diberi pinjaman banyak tak dikembalikan. Karena itu, Asrul mendorong pembentukkan kelompok UMKM mengelola dana berputar di mana dana dari anggota untuk anggota dan dipinjami kepada anggota.

Saat ini, sebut Asrul, sudah ada satu kelompok UMKM melakukan terobosan tersebut. Anggotanya sebanyak 9 orang dan sudah jalan.

Sedang Ketua Kadin Tamron bersama Yurnalis menyebutkan, dari 2.000 UMKM, ada 4 UMKM dinilai usaha mereka sudah maju bahkan bisa jadi brand unggulan UMKM Kota Solok seperti Usaha Randang dan minuman rumput laut ala jepang tapi berasal dari bareh solok, Bareh Solok, Kerupuk Karak Kaliang.

(zal)

Exit mobile version