Kota BukittinggiSumatera Barat

Walikota Bukittinggi Tutup Pedati ke-13

271
Penutupan Pedati ke-13 tahun 2023
Penutupan Pedati ke-13 tahun 2023. (f/humas)

Mjnews.id – Walikota Bukittinggi, Erman Safar gelar seremonial Penutupan kegiatan Pesta Budaya Seni, Pekan Dagang dan Industri (Pedati) ke-13 tahun 2023, yang sukses digelar tanggal 9 hingga 21 Desember 2023 di lapangan Wirabraja.

Penutupan berlangsung 21 Desember 2023 di rumah Dinas walikota dihadiri Sekretaris Daerah Martias Wanto, Kepala SKPD, forkopimda, walikota Palu, dan partisipan, relawan Pedati ke-13.

Sekretaris daerah sekaligus ketua panitia pedati ke-13, Martias Wanto menyampaikan kegiatan Pedati ke-13 berlangsung tiga belas hari yang merupakan event tahunan dan dalam rangka menyambut Hari Jadi kota ke-239. Ini juga merupakan daya tarik wisatawan untuk datang ke kota Bukittinggi. Terbukti dengan wisatawan yang berkunjung rata-rata sebanyak 1000-1500 Pengunjung setiap harinya selama kegiatan ini.

Pedati 13 terlaksana dengan sukses yang berkolaborasi dengan pemerintah, pelaku seni, pelaku UMKM, pelaku paguyuban, pelajar Kota Bukittinggi.

Event ini menampilkan pergelaran seni, atraksi budaya dan ekonomi kreatif yang melibatkan artis-artis minang dan penampilan seni dari Johor Malaysia, shalawat, muhasabah, penampilan seni dari kelompok seni se-Kota Bukittinggi, dan penampilan seni kabupaten/kota se-Sumatera Barat, penampilan seni dari paguyuban-paguyuban yang ada di Kota Bukitttinggi, penampilan seni dari pelajar se-Kota Bukittinggi.

Juga melaksanakan beberapa lomba layang-layang luhak nan tigo, pawai budaya, festival tansa tambua, kegiatan olahraga jalan santai.

Pedati ke-13 mengusung tema Bukittinggi Hebat dan Indonesia Maju, tema tersebut memiliki makna yaitu untuk membangun kota Bukittinggi kita membutuhkan kolaborasi dengan segala pihak dengan menunjukkan sudut pandang agar semua cita-cita dan tujuan membangun bukittinggi berlandaskan Adat Basandi Syara’, Syara’basandi kitabullah dapat kita capai.

Selanjutnya Walikota Erman Safar dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada masyarakat, panitia, relawan, partisipan, yang telah mensukseskan event Pedati.

“Kegiatan pedati ke-13 terlaksana sesuai harapan, meskipun beberapa hari diguyur hujan namun tidak mematahkan semangat dalam menjalankan event ini,” ujar wako.

Pedati ini merupakan panggung terakhir setiap tahun yang diberikan kepada masyarakat dan alat komunikasi pemerintah dengan masyarakat, serta ini merupakan kegiatan yang nyata dirasakan oleh masyarakat di penghujung tahun.

Walikota Bukittinggi juga berharap dengan adanya event ini bisa memberikan nilai persatuan dan kesatuan yang baik, serta dengan kegiatan ini mendorong kreativitas anak-anak di usia sekolah.

Acara Seremonial penutupan pedati 13 diakhiri dengan penyerahan penghargaan kepada partisipan dan relawan yang sudah mensukseskan kegiatan pesta Budaya Seni dagang dan Industri.

Exit mobile version