Pasaman Barat

Disdukcapil Pasbar Raih Prestasi Pelayanan Adminduk 2021

69
Disdukcapil Pasbar Raih Prestasi Pelayanan Adminduk 2021. (humas)

Pasaman Barat, Mjnews.id – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) raih penghargaan juara II kategori Kabupaten pada penilaian Disdukcapil kabupaten/kota terbaik dalam pelayanan administrasi kependudukan se Sumatera Barat Tahun 2021, Rabu 13 Oktober 2021.
Penghargaan ini diterima Sekretaris Daerah Hendra Putra mewakili Bupati Pasaman Barat dari Wakil Gubernur Sumatera Barat yang disaksikan oleh Dirjen Dukcapil Kemendagri dalam rangkaian acara Rakor Dukcapil Provinsi Sumatera Barat di Padang.
Sekda Pasaman Barat Hendra putra menyampaikan apresiasinya kepada Disdukcapil Pasbar usai acara tersebut.
“Kita sangat mengapresiasi prestasi Disdukcapil Pasaman Barat yang berhasil meraih juara dua dalam penilaian Disdukcapil Kabupaten/Kota terbaik dalam pelayanan administrasi Kependudukan se Sumatera Barat Tahun 2021. Terimakasih atas kerja keras dan inovasi dalam mewujudkan pelayanan adminduk yang membahagiakan masyarakat terutama dalam masa pandemi ini, semoga prestasi ini dapat ditingkatkan dimasa yang akan datang,” ungkap Hendra Putra selesai menerima penghargaan tersebut didampingi Kadisdukcapil Pasbar Yulisna.
Pada kesempatan tersebut Kadisdukcapil Pasbar, Yulisna juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah mendukung Disdukcapil dalam meraih pemghargaan itu.
“Kami mengucapkan terimakasih kepada pimpinan daerah dan seluruh pemangku kepentingan atas dukungannya selama ini dalam pelayanan adminduk. Kami juga akan terus bekerja sekuat tenaga untuk meningkatan mutu pelayanan kami di masa yang akan datang. Semoga keinginan ini dapat diwujudkan dengan dukungan semua pihak terutama OPD/Instansi/lembaga, camat, wali nagari, kepala jorong yang bekerjasama dengan Disdukcapil, dengan peran masyarakat tertib dalam pengurusan administrasi kependudukanya,” kata Yulisna.
Penghargaan Ini, kata dia, merupakan hasil penilaian Tim penilai Disdukcapil kabupaten/kota terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021, yang diketuai oleh DR. Syamsurizaldi, SIP. MM. dari akademisi Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Andalas didampingi dari Ombudsman RI dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Provinsi Sumbar pada tanggal 4 juni 2021 lalu ke kantor Disdukacapil Pasaman Barat.
Seterusnya Disdukcapil Kabupaten Pasaman Barat mengikuti presentasi dan wawancara lima besar penilaian Disdukcapil kabupaten/kota terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2021 pada tanggal 8 juli 2021 di Padang.
Ia menjelaskan, segala aspek pelaksanaan pelayanan adminduk dinilai, terdapat 13 variabel penilaian, yakni standar pelayanan, sarana dan prasarana, sistem informasi pelayanan publik, pengelolaan pengaduan, kualitas pelayanan, inovasi, komitmen pimpinan daerah, penyajian data kependudukan, capaian kinerja, peningkatan SDM, pengarsipan dan pendokumentasian, manajemen blanko, dan pelaksanaan dukcapil Go Digital.
Didasari bahwa masih ada beberapa item dalam variabel penilaian yang harus ditingkatkan yakni belum adanya videotron sebagai sarana sistem informasi pelayanan publik. Survey kepuasan masyarakat masih dilakukan secara mandiri dan belum adanya IKM yang dikeluarkan bagian organisasi atau dari Mempan RB.
Terakhir penyajian dan pengolahan data baru bersifat manual belum yang dibangun dalam bentuk aplikasi Ditengah suasana pandemi covid -19 dimana pelayanan adminduk benar benar menerapkan protokol kesehatan yang ketat, maka disdukcapil melakukan terobosan dan inovasi untuk mewujudkan pelayanan adminduk yang membahagiakan masyarakat dan bebas covid 19.
Dimulai dari pelayanan adminduk melalui aplikasi android Dukcapil prima mobile dan pelayanan administrasi kependudukan via whatsapp atau disingkat Pandawa, kecuali untuk perekaman KTP-el dan legalisir dokumen yang tidak bertandatangan elektronik.
Dokumen kependudukan yang selesai dikirim dengan format PDF ke ke kantor wali Nagari lalu dicetak disana, sehingga masyarakat tidak perlu jauh jauh datang ke kantor disdukcapil. Inovasi ini dinamakan dengan Pedang Putri.
“Selain itu Disdukcapil Pasaman Barat juga telah lama melakukan pelayanan anak lahir bawa akta (Alibata) penerbitan akta kelahiran melalui whatsapp group dengan bekerjasama dengan rumah sakit, puskemas dan bidan,”jelasnya.
Untuk pelaporan peristiwa kematian, Disdukcapil membuat sistem pelaporan peristiwa kematian (SIMPPATI) bekerjasama dengan Nagari Persiapan dan Kepala Jorong. Sedangkan untuk calon penganten bekerja sama dengan KUA melakukan kerjasama layanan akta nikah terintegrasi dengan adminduk (Lantera) dalam menerbitkan dokumen kependudukan pasangan yang baru menikah.
(wyu)
Exit mobile version