banner pemkab muba
BeritaSolok SelatanSumatera Barat

Dasawisma Kamboja IV Sawah Siluak Solok Selatan Siap Dinilai TP PKK Provinsi

93
×

Dasawisma Kamboja IV Sawah Siluak Solok Selatan Siap Dinilai TP PKK Provinsi

Sebarkan artikel ini
Dasawisma Kamboja IV Jorong Sawah Siluak, Nagari Sako Selatan Pasir Talang, Kecamatan Sungai Pagu,Kabupaten Solok Selatan
Dasawisma Kamboja IV Jorong Sawah Siluak, Nagari Sako Selatan Pasir Talang, Kecamatan Sungai Pagu,Kabupaten Solok Selatan. (f/pemkab)

Mjnews.id – Dasawisma Kamboja IV Jorong Sawah Siluak, Nagari Sako Selatan Pasir Talang, Kecamatan Sungai Pagu, dalam waktu dekat akan dinilai oleh Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Provinsi Sumatera Barat.

Hal ini disampaikan Bupati Solok Selatan melalui Sekretaris Daerah, Dr. Syamsurizaldi usai mengikuti Car Free Day (CFD) di Padang Aro, pada Minggu 25 Februari 2024.

“Mari bersama kita dukung penilaian tingkat provinsi ini, karena ini adalah wajah Kabupaten Solok Selatan. Sudah seyogyanya kita pemerintah kabupaten terlibat aktif dalam penilaian ini,” kata Sekdakab.

Usai CFD, Sekdakab bersama OPD terkait langsung meninjau lokasi Dasawisma di Sako Selatan, Sungai Pagu.

Kelompok Dasawisma Kamboja IV ini mewakili kabupaten setelah menjadi juara I dalam penilaian Dasawisma Tingkat Kabupaten pada November 2023 lalu. Kelompok ini terdiri dari 17 kepala keluarga dan 16 rumah yang ditempati.

Ketua TP PKK Kabupaten Solok Selatan melalui Ketua Bidang II Ny. Fitri Syamsurizaldi mengatakan, terpilihnya Dasawisma Kamboja IV setelah melewati tahapan presentasi di tingkat Provinsi Sumatera Barat pada 6 Februari 2024 dan masuk 7 besar kabupaten yang akan dikunjungi oleh tim penilai provinsi tanggal 1 Maret mendatang.

Inovasi kelompok Dasawisma ini diantaranya pada bidang sekretariat adalah DARKOT alias Data Rumah Berbarkot. Ini berkaitan mudahnya akses informasi yang komprehensif tentang data rumah-rumah yang telah terintegrasi dalam aplikasi Simsalabim.

Selain itu juga kegiatan rutin Roling alias Ronda keliling, Yasinan, Arisan Ikan Lele, kegiatan gotong royong bersama melalui Jumat Bersih, pojok baca, Tadaga dan sayuran yang diolah menjadi sumber pangan sehat oleh kelompok ini.

Disela-sela peninjauan lapangan, Sekdakab mengatakan Solsel telah beberapa kali masuk dalam penilaian Dasawisma berprestasi tingkat provinsi.

Persiapan ini juga melibatkan OPD terkait, seperti Dinas PU, Perkim LH, Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan dan lainnya.

Peninjauan ini juga diikuti Asisten Pemerintah, Efi Yandri dan Staf Ahli Bupati Novirman.

(*)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600