banner pemkab muba
BeritaSolok SelatanSumatera Barat

Kelompok PKK Jorong se Solok Selatan Ikuti Bimtek

66
×

Kelompok PKK Jorong se Solok Selatan Ikuti Bimtek

Sebarkan artikel ini
Kelompok Pkk Jorong Se Solok Selatan Ikuti Bimtek
Kelompok PKK Jorong se Solok Selatan Ikuti Bimtek. (f/pemkab)

Mjnews.id – Ibu-ibu kelompok PKK jorong (Dusun, Redaksi) se-Kabupaten Solok Selatan mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) yang diadakan TP PKK Kabupaten Solok Selatan.

Tujuannya untuk memberdayakan Program Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), melalui 10 program pokok PKK.

Sebab, anggota PKK merupakan ujung tombak tercapainya kesejahteraan keluarga.

“Semoga melalui Bimtek ini ibu-ibu kelompok PKK Jorong semakin paham dengan tugas dan tanggung jawabnya dalam menerapkan 10 program pokok PKK,” kata Ketua TP PKK Kabupaten Solok Selatan, Ny Erniati Khairunas di Aula Sarantau Sasurambi Kantor Bupati Solsel, Selasa 30 Januari 2024.

Pantauan di lapangan, peserta sangat antusias mengikuti kegiatan Bimtek ini yang merupakan isteri para Kepala Jorong se-Solsel.

Tercatat sebanyak 275 orang peserta mengikuti kegiatan ini atau sekitar 92 persen dari 296 Jorong.

Bupati H Khairunas mengatakan melalui Bimtek, para ibu jorong selaku kelompok PKK jorong dapat memahami perannya yaitu sebagai gerakan masyarakat untuk pemberdayaan kesejahteraan keluarga.

“Untuk itu mari saling koordinasi dan bersinergi yang kuat antara kita semua, antara TP PKK dengan para pemangku kepentingan, termasuk kalangan pemerintahan, dunia usaha, dan masyarakat,” kata Khairunas.

Karena, menurut Khairunas, TP PKK baik di tingkat Kabupaten, Kecamatan, Nagari hingga tingkat Jorong adalah mitra kerja bagi pemerintah daerah sehingga PKK diharapkan bisa terus berperan aktif dalam menyelesaikan permasalahan dan tantangan yang semakin kompleks ke depannya.

Sementara Ketua DPRD Zigo Rolanda turut menekankan pentingnya acara Bimtek tersebut karena pemerintahan jorong merupakan pemerintahan terdepan yang berinteraksi secara langsung dengan masyarakat.

“Ibu-ibu jorong diharapkan berperan aktif dalam kegiatan kemasyarakatan. Terutama pada program-program prioritas seperti program satu jorong satu rumah Tahfiz dan lain-lain,” tutur Zigo.

Bimtek bagi kelompok PKK Jorong ini diberikan materi terkait penerapan 10 Program Pokok PKK yang harus dilaksanakan oleh setiap kelompok PKK Jorong baik itu di Bidang Sekretaris, Pokja I, Pokja II, Pokja III dan Pokja IV.

Kegiatan ini juga dihadiri Wabup H Yulian Efi, Ketua DPRD Zigo Rolanda, Wakil Ketua TP PKK, Ny. Bet Yulian Efi, Wakil II, Ny. Fitri Syamsurizaldi, Asisten, Staf Ahli dan Jajaran Kepala OPD.

(*)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600