BeritaKota PayakumbuhParlemenSumatera Barat

Safari Ramadan di Payakumbuh, Ketua DPRD Sumbar: Mari Ramaikan Masjid Hindari Bencana

146
×

Safari Ramadan di Payakumbuh, Ketua DPRD Sumbar: Mari Ramaikan Masjid Hindari Bencana

Sebarkan artikel ini
Ketua Dprd Sumbar Safari Ramadan Di Payakumbuh
Ketua DPRD Sumbar Safari Ramadan di di Masjid Istiqomah Nagari Limbukan, Kecamatan Payakumbuh Selatan, Kota Payakumbuh. (f/humas)

Mjnews.id – Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) belakangan ini mengalami serangkaian bencana alam, mulai dari banjir hingga tanah longsor.

Ketua DPRD Sumbar, Supardi, mengungkapkan bahwa salah satu upaya untuk menghindari musibah adalah dengan meningkatkan aktivitas positif di masjid.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Supardi menyampaikan hal ini saat memulai safari Ramadan 2024/1445 H di Masjid Istiqomah Nagari Limbukan, Kecamatan Payakumbuh Selatan, Kota Payakumbuh, pada Kamis 14 Maret 2024.

Menurutnya, Sumbar berada di daerah yang rawan bencana alam, seperti banjir dan tanah longsor, karena letaknya yang berada di jalur patahan semangko.

“Untuk menghindari musibah, salah satu langkah yang harus dilakukan adalah dengan meramaikan masjid,” ujarnya.

Supardi menambahkan bahwa DPRD dan Pemerintah Provinsi Sumbar terus menggalakkan kembali ke masjid untuk mencetak generasi yang religius dan berakhlak mulia.

Dia juga menekankan pentingnya beribadah secara kontinyu, bukan hanya saat terjadi bencana.

Masjid bukan hanya tempat ibadah, tetapi juga tempat untuk kegiatan sosial dan keagamaan lainnya, seperti musyawarah dan latihan silat.

Supardi juga menyebutkan bahwa Masjid Istiqomah merupakan salah satu masjid tertua di Kota Payakumbuh, dengan usia lebih dari 100 tahun.

Ia berharap masyarakat Limbokan terus istiqomah dalam beribadah, sehingga Sumbar, khususnya Payakumbuh dan Limapuluhkota, terhindar dari bencana.

Dalam acara safari Ramadan tersebut, Supardi menyerahkan bantuan sebesar Rp 50 juta untuk pembangunan masjid. Selain itu, Bank Nagari juga memberikan bantuan berupa 20 Alquran dan tambahan dana sebesar Rp 10 juta.

Pengurus Masjid Istiqomah, Dt Zuherman mengatakan bahwa Limbokan terdiri dari tiga koto, sehingga masjid tersebut memiliki tiga kubah yang melambangkan identitas daerah.

Kubah masjid baru saja direnovasi, namun pengurus masih memerlukan anggaran sekitar Rp 100 juta untuk mengganti sajadah dan melunasi hutang renovasi sebesar Rp 10 juta.

Bantuan dari safari Ramadan ini diharapkan dapat digunakan sebaik mungkin untuk keberlangsungan masjid. Semoga semua pihak dapat memberikan maaf yang lebih.

Selain Supardi, dalam safari Ramadan ini turut hadir Kepala Bagian (Kabag) Persidangan Peraturan Perundang-Undangan Sekretariat DPRD Sumbar Zardi Syahrir, Kepala Sub Bagian (Kasubag) Humas Protokol Dahrul Idris SSTP. MSi, anggota Komisi Informasi (KI) Sumbar Mona Siska dan Tanti Endang Lestari, serta Kepala Cabang Perwakilan Bank Nagari Payakumbuh Afrizon.

(*)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT