BeritaKesehatanPadang Panjang

Gedung NICU Beroperasi, RSUD Padang Panjang Bisa Rawat Bayi secara Intensif

102
×

Gedung NICU Beroperasi, RSUD Padang Panjang Bisa Rawat Bayi secara Intensif

Sebarkan artikel ini
Penjabat Wali Kota Sonny Budaya Putra Resmikan Gedung Nicu Rsud Padang Panjang
Penjabat Wali Kota Sonny Budaya Putra resmikan Gedung NICU RSUD Padang Panjang. (f/ist)

Mjnews.id – Meski pembangunan gedung NICU RSUD Padang Panjang terlambat dari perkiraan semula, gedung baru tempat khusus pelayanan kesehatan bayi, diresmikan pemakaiannya oleh Penjabat (Pj) Wali Kota, Sonny Budaya Putra, pada Jumat 19 April 2024.

Gedung Neonatal Intensive Care Unit (NICU) berada satu komplek dengan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Padang Panjang.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Pembangunan gedung tersebut melalui Dana Alokasi Khusus 2022 dan APBD Kota 2023.

Fasilitas ini merupakan komitmen Pemerintah Kota dalam pemenuhan pelayanan kesehatan yang terbaik, dan upaya meningkatkan mutu layanan kesehatan khususnya bagi bayi baru lahir.

Dalam sambutannya, Pj Wako Sonny menyampaikan, keberadaan gedung NICU ini dapat dimanfaatkan dalam menjawab tantangan kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan terutama dalam mengakomodir kebutuhan untuk perawatan bayi secara intensif.

“Dengan adanya gedung NICU ini akan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Kota Padang Panjang secara keseluruhan,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, masalah angka kematian bayi merupakan salah satu isu yang serius dan penting untuk diantisipasi.

Penanganan bayi baru lahir yang perlu perawatan khusus membutuhkan fasilitas perawatan yang mumpuni namun tidak banyak rumah sakit yang memiliki fasilitas perawatan ini.

“Seiring dengan lengkapnya sarana dan prasarana serta fasilitas di RSUD Padang Panjang, tentu harus dibarengi dengan peningkatan kapasitas para tenaga medis,” tuturnya lagi.

Gedung NICU tersebut dilengkapi dengan ruang Perinatologi, ruang ibu menyusui, ruang penyimpanan ASI, ruang perawat dan ruangan lainnya.

“Kita menyediakan ruang ibu menyusui yang tidak hanya kita berikan waktu terbatas, namun kesehatan anak ini juga sangat bergantung dengan kedekatannya dengan sang ibu,” ungkap Direktur RSUD, dr. Lismawati R, M.Biomed, Sp.PA saat mendampingi rombongan meninjau gedung NICU yang sudah diisi satu bayi yang berusia 18 hari.

Pada peresmian tersebut, RSUD juga memberikan penghargaan kepada Kejaksaan Negeri atas pendampingan hukum kepada RSUD selama pembangunan gedung ini.

(Son)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT