banner pemkab muba
BeritaKabupaten Sijunjung

Pemulihan Pascabanjir Bandang di Kecamatan Kupitan, Ini Langkah Pemkab Sijunjung

197
×

Pemulihan Pascabanjir Bandang di Kecamatan Kupitan, Ini Langkah Pemkab Sijunjung

Sebarkan artikel ini
Pemkab Sijunjung melakukan upaya pemulihan Pascabanjir Bandang di Kecamatan Kupitan
Pemkab Sijunjung melakukan upaya pemulihan Pascabanjir Bandang di Kecamatan Kupitan. (f/pemkab)

Mjnews.id – Upaya pemulihan pasca bencana banjir bandang di Kecamatan Kupitan pada 3 Mei 2024 lalu terus dilakukan Pemerintah Kabupaten Sijunjung.

Seluruh stakeholder terkait diperintah langsung oleh Bupati Sijunjung untuk meninjau lokasi pasca bencana tersebut, Rabu 8 Mei 2024.

Pada kesempatan itu, turun Kepala BPBD Sijunjung, Henry Chaniago, Kepala Dinas Perkim LH, Dinas PUPR dan didampingi oleh Camat Kupitan serta Wali Nagari Padang Sibusuk.

Kepala BPBD Sijunjung, Henry Chaniago menyebut, peninjauan lokasi pasca bencana ini tidak hanya memberikan bantuan logistik, yang paling utama itu untuk mengidentifikasi lokasi bencana.

“Setelah diidentifikasi akan segera dilakukan penanganan dan pengendalian, baik mendatangkan alat berat maupun yang akan dilakukan oleh OPD terkait,” ujarnya.

Dikatakan Henry, pada saat kejadian pihaknya bersama TNI dan Polri telah melaksanakan evakuasi di lokasi bencana.

“Tim gabungan langsung melakukan gotong royong untuk membersihkan material, dan juga memberikan logistik serta membuka dapur umum,” tuturnya.

Dari data yang diperoleh, kata Kelala BPBD itu, tercatat ada 98 rumah dan 147 KK yang terdampak akibat banjir bandang di Nagari Padang Sibusuk yang melanda di tiga Jorong, yakni Jorong Kapalo Koto, Jorong Guguk Tinggi dan Jorong Simancung.

“Bahkan, banjir tak hanya melanda pemukiman warga, namun juga puluhan hektar sawah milik warga juga ikut terdampak,” jelasnya.

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600