BeritaKemendagri

Kepala BPSDM Kemendagri Buka Pelatihan Kepemimpinan Administrator di Bandung

132
×

Kepala BPSDM Kemendagri Buka Pelatihan Kepemimpinan Administrator di Bandung

Sebarkan artikel ini
Pelatihan Kepemimpinan Administrator di Bandung
Pelatihan Kepemimpinan Administrator di Bandung. (f/puspen)

Mjnews.id – Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Kemendagri, Sugeng Hariyono menekankan pentingnya peningkatan kompetensi manajerial, pelayanan, dan kepemimpinan pada peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan ke-2 Tahun 2024.

Hal itu disampaikan Sugeng saat membuka Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) PKA yang digelar oleh Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDM) Regional Bandung di Aula Gunung Gede, Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Senin 27 Mei 2024.

“Seorang pemimpin harus memiliki kemampuan kepemimpinan yang tidak hanya sekedar kemampuan persuasif, tetapi juga mampu mengajak dan mempengaruhi orang lain untuk berkolaborasi dan bersinkronisasi lintas instansi dalam mencapai tujuan organisasi,” katanya.

Dia menambahkan, selain kompetensi manajerial, pemimpin harus memiliki kompetensi teknis, sosial kultural, dan pemerintahan untuk mewujudkan visi Indonesia Emas 2045. Visi tersebut merupakan gambaran keadaan yang ingin diwujudkan dalam dua puluh tahun ke depan.

“Realisasi visi tersebut diemban oleh pemimpin-pemimpin yang memiliki kemampuan serta nilai kepemimpinan yang memadai, mampu menghadapi tantangan kepemimpinan, serta pandai melihat peluang organisasi,” lanjutnya.

Pihaknya berharap, para peserta mampu menjawab tantangan kepemimpinan seperti masalah korupsi, efektivitas pemerintahan, kemudahan berbisnis, dan pengembangan E-Government yang dinilai di tingkat internasional.

“Penilaian atas tantangan kepemimpinan tersebut merupakan cermin dari kinerja kepemimpinan dalam lingkup pemerintahan, baik di tingkat pusat maupun daerah,” pungkasnya.

(*)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600