BeritaKabupaten AgamParlemenSumatera Barat

Diterima Sekwan, Ketua bersama Badan Anggaran DPRD Agam Bahas Pembentukan DOB ke DPRD Sumbar

261
×

Diterima Sekwan, Ketua bersama Badan Anggaran DPRD Agam Bahas Pembentukan DOB ke DPRD Sumbar

Sebarkan artikel ini
Ketua DPRD Kabupaten Agam, Novi Irwan bersama Sekretaris DPRD Sumbar, Raflis
Ketua DPRD Kabupaten Agam, Novi Irwan bersama Sekretaris DPRD Sumbar, Raflis. (f/humas)

Mjnews.id – Sekretaris DPRD (Sekwan) Sumatera Barat, Raflis, terima kunjungan Ketua DPRD Kabupaten Agam, Novi Irwan, beserta anggota Badan Anggaran DPRD.

Kunjungan ini membahas perkembangan pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) di Kabupaten Agam, yang menjadi salah satu agenda utama pertemuan.

Dalam pertemuan yang berlangsung di Ruang Khusus II DPRD Provinsi Sumatera Barat pada Jumat, 14 Juni 2024, Raflis menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan kajian mendalam terkait DOB.

Kajian tersebut melibatkan para ahli sesuai aturan yang berlaku, dengan persetujuan dari Pemerintah Provinsi Sumatera Barat.

“Untuk DPRD Sumbar, saat ini sedang dalam proses di tingkat pimpinan. Kepadatan agenda dengan target pembahasan Ranperda dan Pansus RPJPD menjadi acuan bagi bakal calon kepala daerah di kabupaten dan kota,” ujar Raflis.

Raflis menambahkan bahwa banyak surat permohonan terkait DOB yang diterima pihaknya. RPJPD 2025-2045 Provinsi Sumatera Barat akan disinkronkan dengan RPJPD Kabupaten melalui konsultasi dengan Badan Perencanaan Daerah (Bappeda) Provinsi Sumatera Barat.

“Kami di sekretariat memiliki tim ahli dalam perencanaan yang merupakan tokoh di bidangnya. Semua ini juga dilakukan melalui evaluasi yang ketat,” tambahnya.

Ketua DPRD Kabupaten Agam, Novi Irwan, mengungkapkan bahwa pihaknya telah mendorong pemekaran Nagari di Kabupaten Agam, sesuai dengan permintaan masyarakat yang sangat tinggi.

“Lebih kurang 65 Nagari telah menandatangani kesepakatan lengkap dengan naskah akademik dari sudut pandang pakar untuk menentukan Ibu Kota baru, yang akan menjadi dasar Perda,” ujar Novi.

Kegiatan ini diakhiri dengan sesi diskusi dan tanya jawab interaktif, di mana anggota DPRD Kabupaten Agam memperoleh banyak wawasan baru yang diharapkan dapat diterapkan dalam pelaksanaan tugas di daerah mereka.

(hpr)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600