EkonomiPesisir Selatan

Pemerintah Kecamatan Airpura Kembangkan Inovasi Airmanhorti-21

178
Camat Airpura, Mukhtar Is (kiri).

Pesisir Selatan, MJNews.ID – Kecamatan Airpura di Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel) kembangkan inovasi Airpura Mandiri Hortikultura (Airmanhorti-21) sebagai salah satu inovasi kecamatan untuk mencapai kemandirian masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan.
Inovasi Airmanhorti-21 tersebut dikembangkan oleh masyarakat pada semua nagari dengan cara memanfaatkan pekarangan dan lahan pertaniannya dengan menanam berbagai jenis tanaman hortikultura.
Hal itu disampaikan Camat Airpura, Mukhtar Is, Kamis 5 Agustus 2021.
“Saya berharap melalui inovasi Airmanhorti-21 ini, kemandirian masyarakat Kecamatan Airpura dari segi ketersediaan pangan akan tercapai. Sebab ini merupakan salah satu tujuan yang ingin kita capai melalui inovasi ini,” katanya.
Dijelaskannya bahwa di kecamatan itu, Nagari Tluk Kualo Inderapura merupakan salah satu nagari yang sudah merealisasikan inovasi Airmanhorti-21 tersebut.
“Saya katakan demikian, sebab di nagari itu telah banyak masyarakat yang memanfaatkan pekarangan dan lahan pertaniannya dengan menanam tanaman hortikultura. Saya berharap ini juga dilakukan oleh masyarakat nagari lainnya di kecamatan ini,” ungkapnya.
Harapan itu disampaikannya, karena melalui pemanfaatan pekarangan dengan tanaman hortikultura itu, akan sangat membantu dan meringankan ekonomi keluarga, terutama di masa pandemi Covid-19 ini.
“Sebab potensi pengembangan tanaman hortikultura memang sangat besar bisa dilakukan di kecamatan ini. Makanya kita memilih inovasi Airmanhorti-21 ini sebagai unggulan di kecamatan ini,” tutupnya.
(myd)
Exit mobile version