banner pemkab muba
Internasional

Jenin Diserang, Kedubes Palestina Desak Indonesia Hentikan Kejahatan Kemanusiaan Israel

120
×

Jenin Diserang, Kedubes Palestina Desak Indonesia Hentikan Kejahatan Kemanusiaan Israel

Sebarkan artikel ini
Pasukan Israel menyerang kota kamp pengungsian Jenin, Tepi Barat
Pasukan Israel menyerang kota kamp pengungsian Jenin, Tepi Barat, Palestina, pada Senin (3/7/2023). (f/ist)

Mjnews.id – Pasukan Israel pada Senin (3/7/2023) menyerang kota kamp pengungsian Jenin. Kamp ini merupakan tempat mengungsi warga Palestina di Tepi Barat, yang berlokasi di kota Jenin, Tepi Barat.

Juru bicara Israel berkilah, penyerangan dilakukan untuk menghancurkan infrastruktur yang digunakan oleh para pejuang Palestina di Jenin dan melenyapkan aktivitas perjuangan Palestina di kawasan tersebut.

Serangan yang dilakukan melalui darat dan udara dengan menggunakan helikopter tersebut membuat 10 warga Palestina ditangkap. Tentara Israel juga menghalangi para petugas medis, yang ingin memberikan pertolongan pertama kepada para korban. Selain itu, pasukan penjajah juga menembakkan gas air mata ke Rumah Sakit Jenin, sebuah rumah sakit milik pemerintah Palestina di kawasan tersebut.

Menyikapi hal tersebut, Kedutaan Besar Palestina di Jakarta melalui siaran persnya mengutuk keras serangan Israel terhadap wilayah Jenin dan kamp pengungsi di Tepi Barat. Serangan yang dilakukan oleh 1000 tentara Israel tersebut mengakibatkan 10 korban jiwa dan 100 orang terluka. Selain itu, pasukan mengerahkan buldoser untuk merusak jalan-jalan dan infrastruktur sehingga mempersulit kehidupan warga sehari-hari.

Pihak kedutaan meminta kepada pemerintah dan pendukung Palestina di Indonesia untuk mendukung aktifnya mekanisme hukum internasional dan hukum Humaniter Internasional untuk meminta pertanggungjawaban otoritas Israel terhadap kejahatan kemanusiaan terhadap warga Palestina. Komunitas internasional harus mengambil langkah segera untuk membantu menghentikan pelanggaran hak asasi manusia dan kejahatan perang yang dilakukan Israel.

Lembaga kemanusiaan Komite Nasional untuk Rakyat Palestina (KNRP) mengambil langkah cepat dengan melakukan kordinasi dengan mitra lembaga kemanusiaan yang ada di Tepi Barat. Bantuan kemanusiaan sedang digalang oleh KNRP untuk kemudian dikirim ke Palestina.

Sekjen KNRP Suhartono TB mengatakan bahwa saat ini peralatan medis serta bahan pokok merupakan kebutuhan yang paling mendesak.

“Akibat infrastruktur yang dirusak buldoser Israel, masyarakat Jenin jadi kesulitan dalam mengakses pasar-pasar untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari. Belum lagi rumah sakit yang dibom sehingga menghancurkan peralatan-peralatan medis dan obat-obatan yang tersedia. Ini sangat ironis dan menyakitkan sekali, apalagi dunia internasional sepertinya diam-diam saja,” imbuhnya, Rabu (5/7/2023).

Suhartono menyayangkan agresi militer Israel di saat kaum muslim Palestina baru saja merayakan Idul Adha, beberapa hari yang lalu.

“Kami berharap pemerintah Indonesia bisa mengambil sikap pro aktif dan mendesak dunia internasional agar segera menghentikan aksi kejahatan perang dan kejahatan kemanusiaan ini,” tutupnya.

Tentang Komite Nasional untuk Rakyat Palestina

Komite Nasional untuk Rakyat Palestina (KNRP) adalah salah satu lembaga kemanusiaan yang peduli terhadap permasalahan masjid Al Aqsha dan isu kemanusiaan di Palestina.

Berdiri sejak Mei 2006, KNRP telah banyak menyelenggarakan berbagai kegiatan sosial dan seni untuk menggalang dana dan opini untuk Palestina. Follow dan ikuti berita terbaru KNRP di Instagram @knrpoffical dan Youtube Channel KNRP TV.

(***)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600