Jawa Tengah

Inovasi Denpam Sidoarum Purworejo Dikunjungi BPTP dan DPR RI

105
Inovasi Denpam Sidoarum Purworejo Dikunjungi BPTP dan DPR RI.

PURWOREJO, MJNews.ID – Program dan inovasi Denpam di Desa Sidaarum, Kabupaten Purworejo, Selasa 10 Agustus 2021, mendapat kunjungan dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Jawa Tengah.
Kedatangan BPTP yang di bawah langsung Kementerian Pertanian ini untuk mengkaji hasil penelitian Balit Bangtan Kementan. Kemudian untuk progam denpam di Sidarum tujuannya untuk mengenalkan inovasi teknologi pertanian, yaitu varietas unggul baru atau vub padi lalu8 sistim tanam jajar legowo dan pengunaan pupuk hayati denpam di Sidarum ada 10 hektare dengan vub khusus ada pamelen, arumba, baroma, jliteng, tarabas dan inpari nutrizing. Serta varietas potensi hasil tinggi, diantaranya inpari 46, inpari 32, siliwangi.
Acara yang digelar dengan protokol kesehatan ini dihadiri 20 orang peserta, yakni perwakilan Dinas Pertanian Kab. Purworejo Reni marlina yushanita, SP, dari penyeluh Balai BPTP Dedy Untung Nur Hadi, STP, Kepala Desa Sidarum Drs, Sugiarto, staf ahli anggota DPR RI Ir. Panggah Susanto, MM dari Fraksi Golkar serta tiga kelompok tani (Podo Rukun, Sri Rejeki dan Rukuning Sri Arum).
Program yang digagas oleh anggota DPR RI, Ir. Panggah Susanto, MM ini sangat diapresiasi oleh para peserta. 
Ketua Gapoktan Rukuning Sri Arum, Sulistyo mengatakan inovasi tersebut sangat bermanfaat bagi para petani khususnya dan juga mereka dapat melakukan evakuasi terkait keragaman tanaman dan produktifitas hasil tanam.
Sementara itu inovator program yang juga menjabat Kepala Desa Sidoarum, Drs. Sugiarto mengatakan jika inovasi yang dikembangkan ini kedepannya diharapkan akan meningkatkan kualitas dan mutu varietas tanaman padi bagi para petani.
(Alex/Fix)
Exit mobile version