Kemendagri

Wali Kota Bogor Girang Bisa Aktivasi IKD

284
Wali Kota Bogor, Bima Arya Aktivasi Ikd
Wali Kota Bogor, Bima Arya Aktivasi IKD. (f/humas)

Mjnews.id – Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto girang bukan kepalang bisa mengaktivasi identitas kependudukan digital (IKD) di iPhone miliknya. Hal itu dilakukan usai membuka Family Fest Disdukcapil Seri 2 di Mall Boxies 123 di Jl. Raya Tajur Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, Sabtu (10/6/2023).

Wali Kota Bima Arya sempat browsing sejumlah fitur yang ada di aplikasi IKD. Antara lain Data Keluarga, dan dokumen lain yang terangkum di dalamnya, seperti KK, akta kelahiran, KIA, dan seterusnya.

Wali Kota dua periode ini juga menyaksikan sendiri warga yang mencetak KK, akta kelahiran dan kartu identitas anak (KIA) dari aplikasi IKD melalui mesin Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) yang berlangsung cepat, selesai dalam waktu tak sampai 2 menit.

“Wah, mudah dan sangat cepat ya… Semakin yakin penggunaan IKD ini banyak keuntungannya,” ujar ungkap orang nomor satu di Kota Bogor meyakinkan peserta yang hadir.

Hadir dalam kesempatan libur akhir pekan ini, Dirjen Dukcapil Teguh Setyabudi, Sesditjen Dukcapil Hani Syopiar Rustam, Direktur Dafdukcapil Handayani Ningrum, Plt. Kadis Dukcapil Provinsi Jabar Engkus Sutisna, dan Sekdis Dukcapil Provinsi Jabar Indrastuti Chandra Dewi, Kadis Kota Bogor Ganjar Gunawan, serta turut hadir Wakil Ketua 1 TP PKK Kota Bogor Yantie Dedie Rahim.

Dirjen Teguh Setyabudi turut menjelaskan, IKD atau KTP Digital yang merupakan inovasi Ditjen Dukcapil Kemendagri ini untuk kemudahan pelayanan dan membahagiakan masyarakat. Aplikasi IKD akan terus dikembangkan, saat ini IKD sudah masuk dalam menu Mall Pelayanan Publik (MPP) Digital sebagai web view.

“Penduduk dapat melakukan permohonan pelayanan adminduk melalui menu IKD di MPP. IKD digunakan sebagai Electronic Know Your Customer (e-KYC) bagi MPP,” beber Dirjen Teguh.

Exit mobile version