banner pemkab muba
Kemensos

Soal Kasus Kelaparan di Yahukimo, Mensos: Sudah Kirim Bantuan Minggu Lalu

124
×

Soal Kasus Kelaparan di Yahukimo, Mensos: Sudah Kirim Bantuan Minggu Lalu

Sebarkan artikel ini
Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini
Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini. (f/humas)

Mjnews.id – Pemerintah melalui Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) menyampaikan bahwa beberapa pekan lalu telah mengirimkan bantuan untuk menangani masalah kelaparan di Distrik Amuma, Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan.

Hal ini disampaikan langsung Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini usai acara Graduasi Penerima Manfaat Pahlawan Ekonomi Nusantara Periode Agustus-September 2023, di Gedung Bhakti Kementerian Sosial (Kemensos), Jakarta, Rabu 25 Oktober 2023.

“Udah kirim bantuan minggu lalu, ada di catetanku, jadi sudah minggu lalu kelaparan di Yahukimo ada semua di situ (laporan),” ujar Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini.

“Ada kelaparan, longsor, dan amuma kelaparan distrik anggruk, sama penggama, kemudian sama penembakan juga,”sambungnya.

Seperti diketahui akibat bencana kelaparan tersebut sebagaimana dalam laporan dari 13 Kampung sebanyak 12 ribu warga 23 orang meninggal dunia yang terdampak kelaparan.

Mensos Tri Rismaharini menegaskan bahwa di wilayah tersebut, bukanya hanya bencana kelaparan saja, tetapi ada juga seperti bencana longsor, hingga kasus penembakan.

“Ada kelaparan, longsor, dan amuma kelaparan distrik anggruk, sama penggama, kemudian sama penembakan juga,”tegasnya.

Selain itu, Mensos juga mengatakan untuk menangani masalah tersebut, pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) telah bekerjasama dengan pemangku atau tokoh tokoh Agama, untuk menyiapkan stok bahan pangan khususnya lumbung sosial.

“Jangka panjangnya kita sudah kerjasama dengan klasis- klasis, gereja klasis untuk menyiapkan cover stock, tapi yang utama untuk lumbung sosial. tapi yang utama sebetulnya kita akan ajarkan, kami sudah menemukan beberapa varietas seperti kentang dan sebagainya,” pungkas Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini.

(rel)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600