banner pemkab muba
KriminalitasKabupaten SijunjungSumatera Barat

Duh! Lima Anak di Bawah Umur Jadi Pelaku Pencurian Motor dan Celengan Umrah

382
×

Duh! Lima Anak di Bawah Umur Jadi Pelaku Pencurian Motor dan Celengan Umrah

Sebarkan artikel ini
Lima Anak Di Bawah Umur Jadi Pelaku Curanmor Dan Celengan Umrah
Lima Anak di Bawah Umur Jadi Pelaku Curanmor dan Celengan Umrah di Sijunjung. (f/humas)

Atas perbuatannya, kedua pelaku dapat dijerat pasal 363 ayat 1 ke 3e dan 4e Jo Pasal 55 ayat (1) KUHP Jo UU no 11 tahun 2012 tentang sistim peradilan tindak pidana anak dengan ancaman maksimal 7 tahun penjara.

Tak hanya itu, kasus pencurian lainnya juga dilakukan oleh 3 orang laki-laki yang juga masih dibawah umur terhadap Tri Eka Darma yang merupakan orang tua dari teman mereka sendiri pada Senin (11/9/2023).

Ketiga pelaku berekasi dengan modus hendak bermain dengan anak korban, kemudian para pelaku membagi tugas yang mana dua diantaranya DF (13) dan DBL (14), mengajak anak korban bermain diluar rumah, sementara HC (13), masuk ke dalam kamar korban dan menggondol 3 celengan umrah milik korban yang ditaksir berisi uang senilai Rp10 juta rupiah.

“Saat diamankan dan dilakukan introgasi, ketiga pelaku pun mengakui perbuatannya. Bahkan kepada penyidik mengaku telah 3 kali melakukan aksi serupa di rumah tersebut.

“Ketiga pelaku yang merupakan anak dibawah umur juga dijerat dengan pasal yang sama dengan ancaman maksimal 7 tahun penjara,” tegas Kasat Reskrim Ardiansyah.

Kurun waktu sebulan terakhir kasus pencurian juga marak di sejumlah komplek perumahan kawasan Nagari Muaro, Kecamatan Sijunjung dan sebahagian nagari lainnya dalam wilayah hukum Polres Sijunjung. Diantaranya da warga mengaku kehilangan barang elektronik, pakaian di jemuran, hingga hewan ternak/piaraan.

Sulitnya perekonomian, pengangguran marak, sementara biaya hidup terasa cukup tinggi, menjadi salah-satu faktor penyebab. Kemudian juga aksi kekerasan, petkelahian, kerap terjadi di berbagai tempat. Kuat dugaan karena aktivitas tambang emas rakyat di tutup oleh pihak kepolisian makanya terjadi tingkat kriminalitas tinggi di kabupaten Sijunjung.

(*/eko)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600