LampungPesisir Barat

Bupati Perkenalkan Potensi Alam, Budaya dan Destinasi Wisata Pesisir Barat di ITERA Lampung

222
Bupati Perkenalkan Potensi Alam, Budaya dan Destinasi Wisata Pesisir Barat di ITERA Lampung
Bupati Perkenalkan Potensi Alam, Budaya dan Destinasi Wisata Pesisir Barat di ITERA Lampung. (f/kominfo)

Mjnews.id – Bupati H. Agus Istiqlal perkenalkan potensi alam, budaya, dan destinasi wisata Kabupaten Pesisir Barat dalam acara Kuliah Tamu dan pembekalan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) di Institut Teknologi Sumatera (ITERA) Lampung, Selasa (30/5/2023).

Acara tersebut dihadiri Rektor ITERA, Prof. Dr. I Nyoman Pugeg Aryantha, Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan ITERA, Dr. Rahayu Sulistyorini, S.T., M.T, Kadis Kominfotiksan, Suryadi, Kadis Dikbud, Edwin Kastolani B, Plt. Kabag Protokol, Herdy Wilismar, serta jajaran dari ITERA dan para mahasiswa ITERA yang akan melaksanakan KKN-PPM.

Selain itu, dalam kesempatan tersebut juga dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat dan ITERA terkait “Pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi dan Dukungan Pembangunan di Kabupaten Pesisir Barat”.

MoU ini bertujuan sebagai sarana pengenalan dan pembelajaran mengenai adat dan budaya, kekayaan alam, dan kehidupan bermasyarakat di Pesisir Barat kepada para mahasiswa ITERA yang akan melaksanakan KKN-PPM di Kabupaten tersebut.

Bupati Agus Istiqlal menjelaskan bahwa Kabupaten Pesisir Barat memiliki julukan “Negeri Para Sai Batin dan Para Ulama”. Di sana terdapat 16 Sai Batin Marga yang merupakan salah satu adat istiadat asli Lampung yang masih lestari, serta banyak tokoh agama (Ulama) yang lahir di Pesisir Barat.

Bupati juga mengungkapkan potensi alam yang ada di Kabupaten Pesisir Barat, termasuk sebagai salah satu penghasil getah damar, cengkeh, kopi, dan kelapa dengan kualitas ekspor terbaik di Indonesia. Selain itu, Kabupaten Pesisir Barat juga memiliki pantai-pantai berpasir putih dan hitam yang indah, hasil laut yang melimpah, serta ombak yang digemari oleh peselancar dunia.

Bupati Pesisir Barat juga meminta bantuan para mahasiswa ITERA, sebagai generasi milenial, untuk mempromosikan event surfing “WSL Krui Pro QS 5000”, yang merupakan satu-satunya event surfing internasional di Indonesia tahun ini.

Beliau juga mengingatkan para mahasiswa agar senantiasa haus akan pengetahuan dan memudahkan urusan masyarakat ketika nantinya memegang jabatan, dengan harapan agar selalu mendapatkan ridho dari Allah SWT.

Dalam penutupnya, Bupati mengucapkan harapannya kepada para generasi milenial yang hadir dalam acara tersebut agar terus belajar seolah-olah mereka tidak mengetahui apa-apa, dan ketika menduduki jabatan nantinya, tetaplah mencari keridhoan Allah SWT dengan sikap rendah hati dan selalu memudahkan urusan masyarakat tanpa memandang status sosial.

Dengan acara ini, diharapkan para mahasiswa ITERA akan lebih memahami dan terlibat dalam pengembangan potensi alam, budaya, dan wisata di Kabupaten Pesisir Barat serta menjadi agen perubahan yang positif bagi masyarakat setempat.

(Azr)

Exit mobile version