BudayaKabupaten DharmasrayaPendidikan

Mahasiswa Aksi Sosial Ramadhan Gotong Royong di Kerajaan Siguntur

182
Maydian Anjeli
Perwakilan Aliansi Eksekutif Mahasiswa Fakultas Universitas Dharmas Indonesia, Maydian Anjeli. (f/eko)

DHARMASRAYA, Mjnews.id – Dalam bentuk kepedulian dan aksi sosial dalam bulan Ramadhan, puluhan mahasiswa dalam Aliansi Eksekutif Mahasiswa Fakultas Universitas Dharmas Indonesia Kabupaten Dharmasraya melakukan kegiatan gotong royong di tempat situs bersejarah pada area Kerajaan Siguntur, Nagari Siguntur, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, Sabtu (16/04/2022).
Ini bentuk kepedulian mahasiswa untuk melestarikan budaya sejarah kerajaan Minangkabau.
Hal tersebut disampaikan Maydian Anjeli, perwakilan Aliansi Eksekutif Mahasiswa Fakultas Universitas Dharmas Indonesia Dharmasraya yang dihubungi awak media, Minggu (17/04/2022).
Maydian mengatakan, Alhamdulillah kami dari Mahasiswa dalam Aliansi Eksekutif Mahasiswa Fakultas Universitas Dharmas Indonesia melakukan kegiatan aksi sosial Ramadhan, yang dilaksanakan area Kerajaan Siguntur.
Tujuan kami melaksanakan kegiatan ini adalah untuk melestarikan budaya sejarah dan memperkenalkan cagar budaya yang ada di Kabupaten Dharmasraya.
Dalam kegiatan ini, kami Aliansi Eksekutif Mahasiswa Fakultas Universitas Dharmas Indonesia Dharmasraya membersihkan makam raja-raja dan rumah gadang raja kemudian pada ruangan musium cagar budaya Kerajaan Siguntur ini.
“Harapannya, dengan kegitan ini mari kita mencintai serta melestarikan dan merawat peninggalan sejarah yang ada di Kabupaten Dharmasraya, supaya peninggalan situs yang bersejarah ini dikenal hingga tingkat Nasional,” ucap Maydian Anjeli.
Aksi Sosial Ramadhan Mahasiswa Bersihkan Area Kerajaan Siguntur. (f/eko)

Sementara itu, ahli waris Kerajaan Siguntur Dharmasraya, Putri Marhasnidar yang ditemui awak media mengatakan, kami sebagai ahli waris Kerajaan Siguntur, sangat terharu apa telah dilakukan oleh anak-anak Aliansi Eksekutif Mahasiswa Fakultas Universitas Dharmas Indonesia ini.
Yang mana telah melakukan aksi sosial Ramadhan melakukan pembersihan di tempat situs sejarah Kerajaan Siguntur, budaya dan situs peninggalan sejarah ini harus kita jaga dan lestarikan. Kegiatan mereka ini sangat peduli sekali apalagi yang dilakukan mereka ini pada bulan suci Ramadan.
Ditambahkan Putri Marhasnidar, dengan adanya kegiatan bakti sosial ini, mari kita bersama-sama melestarikan situs budaya sejarah kerajaan yang ada di Kabupaten Dharmasraya.
“Sebagai peninggalan sejarah untuk masa yang akan datang,” ucap Putri Marhasnidar.
(eko)
Exit mobile version