banner pemkab muba
Kepulauan RiauPendidikanPertamina

Beasiswa Ujung Negeri, Meratakan Akses Pendidikan Tinggi bagi Siswa Natuna

335
×

Beasiswa Ujung Negeri, Meratakan Akses Pendidikan Tinggi bagi Siswa Natuna

Sebarkan artikel ini
Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Antara Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Pertamina, Budi W. Seotjipto, Ph.d., Dan Bupati Natuna, Wan Siswandi
Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Pertamina, Budi W. Seotjipto, Ph.D., dan Bupati Natuna, Wan Siswandi, pada hari Selasa (16/05/2023) di Gedung Rektorat Universitas Pertamina. (f/ist)

Mjnews.id – Mjnews.id – Berdasarkan laporan dari Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil), pada bulan Juni 2022, jumlah penduduk Indonesia mencapai 275,36 juta jiwa. Namun, hanya sekitar 6,41 persen atau sekitar 12 juta penduduk yang berhasil melanjutkan pendidikan hingga ke perguruan tinggi.

Situasi ini semakin memperumit dengan ketidakmerataan akses terhadap pendidikan tinggi. Menurut laporan dari Badan Pusat Statistik Indonesia, dari total 3.107 perguruan tinggi di Indonesia pada tahun 2022, hampir separuhnya terletak di Pulau Jawa.

Dalam upaya meningkatkan kesempatan pendidikan bagi siswa dan siswi di wilayah terdepan dan terluar, Universitas Pertamina (UPER) bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, untuk menyediakan beasiswa bagi putra-putri terbaik dari Natuna agar dapat kuliah di Universitas Pertamina.

Kerja sama ini diresmikan melalui penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Pertamina, Budi W. Seotjipto, Ph.D., dan Bupati Natuna, Wan Siswandi, pada hari Selasa (16/05/2023) di Gedung Rektorat Universitas Pertamina.

Budi menjelaskan bahwa terdapat tiga jenis beasiswa yang akan diberikan kepada putra-putri Natuna, yaitu beasiswa dengan pendanaan tunggal dari UPER dan beasiswa dengan pendanaan bersama antara UPER dan Pemkab Natuna.

“Beasiswa dengan pendanaan tunggal dari UPER terdiri dari dua macam beasiswa, yaitu Beasiswa Ujung Negeri dan Beasiswa Generasi Juara. Kedua jenis beasiswa ini memberikan manfaat berupa pembebasan biaya SPI dan SPP sebesar 50%-100%. Selain itu, para penerima beasiswa juga akan mendapatkan uang saku dan kesempatan untuk tinggal di asrama,” ungkap Budi saat diwawancarai di Gedung Rektorat, Universitas Pertamina, Selasa (16/05/2023).

Budi melanjutkan bahwa kerja sama dalam penyediaan beasiswa ini merupakan upaya untuk memberdayakan generasi muda di Kabupaten Natuna.

Kabupaten Natuna dikenal sebagai salah satu daerah penghasil migas terbesar di Indonesia. Menurut data dari SKK Migas pada tahun 2021, Natuna mampu memproduksi minyak bumi sebanyak 17.449 barel per hari dan gas bumi sebanyak 396 juta MMSCFD.

Bupati Natuna, Wan Siswandi, yang hadir dalam penandatanganan Perjanjian Kerja Sama, menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh UPER.

“Kami berharap kesempatan belajar di Universitas Pertamina ini dapat meningkatkan jumlah tenaga kerja asal Kabupaten Natuna sesuai dengan potensi daerah, terutama di bidang industri migas,” ujar Wan Siswandi.

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600