banner pemkab muba
PLN

PLN Pastikan Sistem Listrik di Merauke Siap Dukung PON Papua XX

89
×

PLN Pastikan Sistem Listrik di Merauke Siap Dukung PON Papua XX

Sebarkan artikel ini
PLN Pastikan Sistem Listrik di Merauke Siap
PLN Pastikan Sistem Listrik di Merauke Siap Jelang PON PAPUA XX.

Jayapura, MJNews.ID – PT PLN (Persero) memastikan sistem kelistrikan untuk mendukung penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Kabupaten Merauke telah siap digunakan.
Senior Manager Transmisi dan Distribusi PLN Unit Induk Wilayah Papua dan Papua Barat (UIWP2B) Yondri Zulfadli dalam siaran pers di Jayapura, Selasa 24 Agustus 2021, mengatakan pihaknya bergerak cepat dan telah menyelesaikan pekerjaan kelistrikan untuk PON XX di Merauke. Penyelesaian pekerjaan sistem kelistrikan ini merupakan komitmen untuk menyukseskan gelaran nasional empat tahunan tersebut.
“Pada prinsipnya kami telah siap, pekerjaan kelistrikan sudah selesai 100 persen,” katanya.
Menurut Yondri, dalam persiapan menghadapi PON XX pihaknya juga telah melakukan perbaikan dan pemeliharaan jaringan listrik dan pembangkit, guna memastikan pasokan listrik dari pembangkit dapat teraliri dengan baik saat kegiatan dilaksanakan.
“Sementara itu, di sisi ketersediaan daya, pembangkit listrik yang ada dirasa sangat cukup untuk menyuplai daya yang dibutuhkan selama PON XX berlangsung,” ujarnya.
Dia menjelaskan beban puncak Kabupaten Merauke kini 24,2 MW, sedangkan total daya mampu pembangkit mencapai 46,5 MW dengan perkiraan kebutuhan daya untuk PON XX sekitar 3,4 MW, maka pembangkit PLN masih sangat cukup.
“Selain suplai dari pembangkit utama, PLN juga telah menyiapkan peralatan lain untuk mengamankan pasokan listrik di venue-venue pertandingan,” katanya.
Dia menambahkan untuk di Merauke, pihaknya juga telah menyiapkan 33 unit mobile genset kapasitas variatif antara 100 kW, 200 kW dan 500 kW, selain itu juga menyediakan dua unit Uninterruptible Power Supply (UPS) 250 kVA dan enam Unit Gardu Bergerak (UGB) kapasitas 250 kVA dan 400 kVA yang akan dipasang di arena-arena pertandingan dan lokasi strategis lainnya.
“Dengan backup ini diharapkan tidak ada padam sama sekali saat kegiatan berlangsung,” ujarnya.
Sekadar diketahui, penyelesaian pekerjaan kelistrikan dilakukan di lima arena pertandingan dan lima lokasi wisma atlet.
Sistem kelistrikan di seluruh arena, yakni Hotel Swissbel, Arena Balap Motor Tanah Miring, Stadion Katalpal, GOR KONI Hiad Sai dan Gedung Archelaus Sai telah selesai seluruhnya.
Demikian juga dengan Mess Martadinata, Mess Musamus, Wisma Bunda Pengharapan, Mess Katalpal, Mess Kompi Senapan B dan Mess Ndoremkai yang rencananya akan dijadikan sebagai wisma atlet dari sisi kelistrikan telah siap.
(***)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT

banner 120x600