Kabupaten AgamSumatera Barat

Tandatangani Berita Acara, Taufik Saleh Resmi Jabat Walinagari Sitanang

148
×

Tandatangani Berita Acara, Taufik Saleh Resmi Jabat Walinagari Sitanang

Sebarkan artikel ini
Walinagari Sitanang Terpilih, Taufik Saleh Menunggang Seekor Kuda Saat Sertijab
Walinagari Sitanang terpilih, Taufik Saleh menunggang seekor kuda saat sertijab. (f/diskominfo)

Mjnews.id – Sertijab Walinagari Sitanang, Taufik Saleh dengan Afrizal serta pelantikan TP PKK Nagari Sitanang, Kecamatan Ampek Nagari yang baru, Ny Ririn Taufik Saleh dilakukan di Kantor Walinagari setempat Rabu (13/9/2023).

Sertijab ini disaksikan oleh ratusan masyarakat yang ingin manyaksikan pemimpin baru mereka menandatangani Berita Acara Serah Terima dari walinagari yang lama Afrizal kepada walinagari terpilih Taufik Saleh dilakukan.

Banner Pemkab Muba Idul Fitri 1445 H

Acara inipun mendapat perhatian tidak hanya oleh unsur-unsur yang berkepentingan tetapi juga dihadiri oleh Anggota DPRD Provinsi Sumatera Barat dari Faksi Golkar Lazuardi Erman serta Anggota DPRD Kabupaten Agam Riski Abdillah Fadhal serta Forkopincam Ampek Nagari.

Pelaksanaan sertijab di Nagari Sitanang ini berbeda dan unik dengan sertijab yang dilakukan di nagari lain. Terlihat di Sitanang ini walinagari terpilih menunggang seekor kuda yang melambangkan seorang pemimpin yang dimuliakan dalam Nagari.

“Walinagari menyambut tamu dan undangan dan setelah selesai acara akan dilakukan perarakan sekeliling nagari yang akan dipimpinnya dengan menunggang kuda,” kata seorang warga Nasrul Effendi kepada Diskominfo sebelum sertijab dilaksanakan.

Nasrul effendi yang berprofesi mengajar di SD 01 Simpang IV Sitanang itu juga menjelaskan bahwa serijab ini juga diawali dengan peletusan bedil yang bermakna sebagai acara kebesaran dimulai kata nasrul.

Selanjutnya dalam acara tersebut berurutan yang memberikan sambutan yang pertama tokoh masyarakat Dt Rajo Lelo Rimbun yang mengatakan dengan adanya pergantian pimpinan nagari ini akan meningkatkan kemajuan Nagari Sitanang ke depan dan menjadi contoh bagi nagari lain.

Selanjutnya Bupati Agam yang diwakili oleh Sekdakab Edi Busti mengatakan bahwa banyak hal yang harus dikonsolidasikan dengan berbagai pihak untuk menuntaskan kemiskinan.

“Pelaksanaan kegiatan yang ada harus selalu dibangun dengan konsolidasi internal dengan perangkat Nagari dan juga dengan pihak eksternal yang berkepentingan serta Masyarakat dalam menyusun RPJM Nagari agar bisa dirasakan hasilnya,” kata Sekda.

Sertijab hari ini merupakan hari kedelapan pelaksanaan sertijab yang telah diagendakan oleh Pemkab Agam melalui DPMN bersama 2 nagari lainnya yaitu Nagari Bawan serta Nagari Salareh Aia Timur.

(jef)

Kami Hadir di Google News