Kabupaten DharmasrayaSumatera Barat

Diskominfo Dharmasraya Gelar Bimtek Penyusunan dan Pengumpulan Daftar Informasi Publik

187
×

Diskominfo Dharmasraya Gelar Bimtek Penyusunan dan Pengumpulan Daftar Informasi Publik

Sebarkan artikel ini
Diskominfo Dharmasraya Gelar Bimtek Penyusunan Dan Pengumpulan Daftar Informasi Publik
Diskominfo Dharmasraya Gelar Bimtek Penyusunan dan Pengumpulan Daftar Informasi Publik, Jum'at 28 Juli 2023. (f/kominfo)

Mjnews.id – Pemerintah Kabupaten Dharmasraya melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Penyusunan dan Pengumpulan Daftar Informasi Publik Tahun 2023.

Bimtek Penyusunan dan Pengumpulan Daftar Informasi Publik ini dibuka Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, di Auditorium Dharmasraya, Jum’at 28 Juli 2023.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

Bimtek ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Kapolres Dharmasraya, AKBP Nurhadiansyah, Kajari Dharmasraya Dodik Hermawan, dan Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Dharmasraya, Z. Lubis.

Dalam sambutannya, Bupati Sutan Riska menyatakan bahwa keterbukaan informasi publik bukan hanya merupakan kewajiban, tetapi juga kebutuhan bagi badan publik. Ia menginginkan agar budaya keterbukaan informasi menjadi bagian dari birokrasi dalam memberikan pelayanan publik, mulai dari tingkat Kabupaten hingga ke tingkat nagari.

Bupati juga menekankan pentingnya pemahaman tentang praktik keterbukaan informasi publik, mulai dari regulasi, SOP (Standard Operating Procedure), pelayanan, hingga penyelesaian sengketa informasi publik. Keterbukaan informasi ini memerlukan usaha yang serius dalam menghilangkan ego sektoral antara badan publik terkait.

Bupati juga menyatakan bahwa komitmen menjadi kunci penting dalam keberhasilan menjadi informatif. Penerapan keterbukaan informasi ini harus dilakukan dengan nyata, melalui pengawasan yang ketat terhadap setiap perangkat yang terkait, mulai dari website, pengisian kuesioner, hingga pengawalan permohonan informasi. Inovasi juga diharapkan bisa mempermudah dan mempercepat layanan informasi kepada masyarakat.

Dinas Komunikasi dan Informatika sebagai Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Utama di Kabupaten Dharmasraya berkomitmen untuk bekerjasama dengan seluruh PPID Pelaksana, yaitu seluruh Perangkat Daerah dan Nagari, dalam memberikan layanan informasi dan dokumentasi kepada masyarakat, baik secara langsung maupun melalui website resmi PPID Dharmasraya.

Kegiatan ini melibatkan dua narasumber, yakni Ketua Komisi Informasi Sumatera Barat, Noval Wiska dan salah seorang komisioner Adrian Tuswandi, yang bertujuan untuk memperkuat kelembagaan stakeholder pelaksana keterbukaan informasi publik di Kabupaten Dharmasraya dalam rangka mewujudkan kabupaten yang informatif.

(wy)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT