Kabupaten SijunjungSumatera Barat

Ny Harneli Kukuhkan Pengurus Forikan Kabupaten Sijunjung

530
×

Ny Harneli Kukuhkan Pengurus Forikan Kabupaten Sijunjung

Sebarkan artikel ini
Ny Harneli Kukuhkan Pengurus Forikan Kabupaten Sijunjung
Ny Harneli Kukuhkan Pengurus Forikan Kabupaten Sijunjung. (f/dicko)

Mjnews.id – Ketua Forikan Provinsi Sumatera Barat, Ny. Hj. Harneli Mahyeldi melakukan Pengukuhan Pengurus Forikan (Forum Peningkatan Konsumsi Ikan) Kabupaten Sijunjung tahun 2022-2024 di Balairung Lansek Manih Muaro, Kamis (27/7/2023).

Dalam sambutannya, Ny. Hj Harneli mengatakan dengan telah dikukuhkan pengurus Forikan Kabupaten Sijunjung itu. Ia meminta inovasi program untuk menjadikan ikan sumber protein utama dalam pola budaya dan konsumsi masyarakat.

ADVERTISEMENT

Banner Pemkab Muba

“Untuk mendorong peningkatan konsumsi ikan dalam rangka pemenuhan gizi masyarakat melalui program kegiatan yang nantinya dapat disepakati bersama,” ujarnya.

Dikatakannya, Forikan dibentuk sebagai forum untuk menyatupadukan gerak dan langkah semua unsur yang terkait serta bertanggungjawab terhadap suksesnya gerakan peningkatan konsumsi ikan.

“Gerakan peningkatan konsumsi ikan ini tentunya dimulai dengan upaya peningkatan kesadaran gizi individu maupun kolektif masyarakat agar gemar mengkonsumsi ikan,” katanya.

“Selain itu, kesadaran mengkonsumsi ikan akan menumbuhkan budaya gemar makan ikan dan menciptakan generasi yang sehat dan cerdas. Pada akhirnya budaya gemar makan ikan akan mendorong permintaan terhadap produk perikanan sehingga meningkatkan pertumbuhan ekonomi sektor perikanan,” lanjut istri Gubernur Sumbar.

Kemudian, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumbar, Reti Wafda menyebut angka konsumsi ikan Kabupaten Sijunjung tahun 2022 adalah sebesar 38,96 kg/kapita/tahun. Sedangkan konsumsi ikan Provinsi Sumbar 42,80 kg/kapita/tahun.

“Angka konsumsi, baik provinsi maupun kabupaten saat ini masih dibawah nasional yang mencapai 50,44 kg/kapita/tahun. Sehingga kita masih perlu meningkatkan lagi di tahun-tahun mendatang,” ungkapnya.

Sementara, Wakil Bupati Sijunjung, Iraddatillah berharap dengan adanya Forikan di Ranah Lansek Manih dapat meningkatkan kualitas sumberdaya manusia, setidaknya Forikan ikut berkontribusi dalam pembangunan di Kabupaten Kabupaten yaitu kontribusi terhadap terciptanya generasi yang sehat dan cerdas serta meningkatnya pertumbuhan ekonomi.

“Pengukuhan pengurus Forikan masa bakti 2022-2024 ini menjadi penanda bahwa langkah gerak peningkatan konsumsi ikan melalui budaya gemar makan ikan di Kabupaten Sijunjung akan dilaksanakan secara terpadu baik oleh pemerintah, swasta dan masyarakat,” jelasnya.

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT